Senin, 24 Mei 2010 20:59 WIB News Share :

LPSK lindungi Susno karena ada unsur ancaman

Jakarta--Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) memutuskan akan memberi perlindungan bagi mantan Kabareskrim Komjen Pol Susno Duadji. LPSK mengambil keputusan tersebut karena melihat adanya unsur ancaman kepada Susno beserta keluarganya.

“Pak Susno telah mengajukan permohonan perlindungan secara tertulis. Lalu LPSK menilai penting untuk mengungkap kasus tersebut. LPSK juga melihat adanya unsur ancaman yang dialami oleh Susno dimana beliau dan istrinya diikuti oleh orang tidak dikenal,” ujar ketua LPSK Abdul Haris Semendawai dalam jumpa pers di kantor LPSK, Gedung Pola, Jl Proklamasi, Jakarta Pusat, Senin (24/5).

LPSK menilai perlindungan yang diberikan pada Susno dalam kasus korupsi didasarkan pada UU Perlindungan Saksi dan Korban yang menyebutkan perlindungan dapat diberikan jika ada potensi ancaman.

“Perlindungan yang diberikan kepada Susno dalam kasus korupsi didasarkan pada pasal 5 ayat 1 UUD 13 tahun 2006. Beliau cukup membuktikan adanya ancaman yang diterima dirinya dan keluarganya,” imbuhnya.

Sementara itu Komisioner LPSK Lili Pintauli Siregar mengatakan, dalam laporannya, mantan Kapolda Jabar ini tidak menjelaskan secara rinci berapa kali dirinya menerima ancaman.

“Yang pasti informasi dari keluarganya sering mengalami penguntitan dan terganggu keleluasaan individu. Yang kami khawatirkan bisa terhalang kesempurnaan untuk memberi kesaksian,” paparnya.

Bagaimana jika yang menguntit polisi dari Divisi Propam ?

“Kita belum sampai kesitu, yang penting substansi beliau sudah memenuhi pasal 5 tadi,” tutupnya.

dtc/tya

lowongan pekerjaan
PT. Monang' Sianipar Abadi ( MSA KARGO ), informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Karanganyar Makin Beradab

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (18/11/2017). Esai ini karya Imam Subkhan, Ketua RT 001/RW 019, Jaten, Karanganyar. Alamat e-mail penulis adalah imamsubkhan77@gmail.com.   Solopos.com, SOLO–Sepulang sekolah, anak mbarep saya, Nadhifa, yang sekarang duduk di kelas IV sekolah dasar di…