Senin, 24 Mei 2010 14:32 WIB News Share :

Kongres PD, konsep kampanye AM salah kaprah


Jakarta-
-Calon ketua umum Partai Demokrat, Andi Mallarangeng, kalah telak dalam perebutan tampuk pimpinan partai. Andi yang keok pada putaran pertama hanya mampu mengumpulkan 82 suara dari 530 suara yang diperebutkan. Padahal, kampanye Andi bertebaran di sejumlah media cetak dan elektronik. Tak cukup itu, umbul-umbul bergambar wajahnya juga berkibar-kibar di sepanjang jalan di pusat-pusat kota.

Lantas, kenapa Andi kalah? Konsep kampanye Andi yang dikemas Fox Indonesia salah kaprah. “Ini persoalan strategi yang dipahami tim kampanye Andi Mallarangeng yang dikomandoi Fox Indonesia. Mereka sangat memercayakan kekuatan media coverage. Padahal, pemilihnya adalah ketua DPC/DPD yang sangat elitis, bukan masyarakat umum,” ujar Direktur Citra Politik Indonesia Hendrasmo, Senin (24/5).

Hendrasmo menilai, serangan udara berupa pemasangan iklan di televisi, radio, media cetak, atau juga yang bersifat below the line, seperti spanduk, backdrop, dan lainnya di pelosok Jakarta dan Bandung, sia-sia belaka. Dia mengatakan, media tidak selalu memenangkan hati konstituen. Padahal, Hendrasmo memperkirakan kubu Andi telah menghabiskan dana di atas Rp 10 miliar demi kampanyenya.

“Ini tentu saja menjadi mubazir. Apa yang didapat hanya fatamorgana. Seolah-olah besar, tapi kenyataannya tidak. Ini kesalahan konsep strategi,” tambahnya.

Menurut Hendrasmo, kubu AM seharusnya lebih fokus pada usaha lobi-lobi terhadap pimpinan DPC/DPD dan memerhatikan “isi” ketimbang kemasan.

kcm/isw

lowongan pekerjaan
Juara Karakter Indonesia, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Karanganyar Makin Beradab

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (18/11/2017). Esai ini karya Imam Subkhan, Ketua RT 001/RW 019, Jaten, Karanganyar. Alamat e-mail penulis adalah imamsubkhan77@gmail.com.   Solopos.com, SOLO–Sepulang sekolah, anak mbarep saya, Nadhifa, yang sekarang duduk di kelas IV sekolah dasar di…