Senin, 24 Mei 2010 14:15 WIB Issue Share :

Film Thailand berjaya di Cannes

Terjadi kejutan di Festival Film Cannes ke-63 yang digelar pada Minggu (23/5). Untuk pertama kalinya, film produksi Thailand berjaya di salah satu festival film yang paling bergengsi itu.

Seperti dilansir dari situs resmi Festival Film Cannes, Senin (24/5), ‘Uncle Boonmee Who Can Recall His Past Lives’ berhasil meraih penghargaan Palme d’Or. Film yang bergenre fantasi horor tersebut digarap oleh Apichatpong Weerasethakul, sutradara asal Thailand.

“Ini seperti dunia lain buat saya. Saya berterimakasih kepada roh-roh dan hantu-hantu di Thailand yang semua ini menjadi kenyataan saya bisa berdiri di sini,” ujar Apichatpong Weerasethakul.

The Grand Prix, penghargaan untuk juara kedua jatuh kepada ‘Of Gods and Men’ yang disutradarai Xavier Beauvois. Sementara, ‘A Screaming Man’, film yang bersetting perang saudara garapan Mahamat-Saleh Haroun sukses meraih The Jury Prize.

Mathieu Amalric, aktor asal Prancis berhasil mendapat penghargaan Sutradara Terbaik. Penghargaan untuk Mathieu diberikan oleh bintang ‘Twilight’, Kristen Stewart yang tengah mempromosikan film terbarunya di sana.

dtc/tya

Loading...

Kolom

GAGASAN
Karanganyar Makin Beradab

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (18/11/2017). Esai ini karya Imam Subkhan, Ketua RT 001/RW 019, Jaten, Karanganyar. Alamat e-mail penulis adalah imamsubkhan77@gmail.com.   Solopos.com, SOLO–Sepulang sekolah, anak mbarep saya, Nadhifa, yang sekarang duduk di kelas IV sekolah dasar di…