Senin, 24 Mei 2010 13:12 WIB Ekonomi Share :

Diperkirakan, jumlah penduduk naik 10 juta

Jakarta– Penduduk Indonesia diperkirakan naik 5-10 juta dari hasil Sensus Penduduk 2010. Ada beberapa kabupaten/kota yang penduduknya meningkat di luar perkiraan.

“Kalau sensus kita prediksi 235 (juta) bisa sampai ke 240 (juta). Mudah-mudahan tidak lebih dari itu,” kata Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Rusman Heryawan.

Hal itu disampaikan Rusman usai pembukaan Konferensi Dewan Ketahanan Pangan di Balai Sidang Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, Senin (24/5).

Rusman menambahkan, pertambahan penduduk itu karena ada kabupaten/kota yang mengalami pertumbuhan luar biasa, utamanya karena faktor migrasi.

“Seperti Denpasar, Manokwari itu kan bisa dimungkinkan karena ibukota provinsi kan banyak orang ke sana. Batam dan Pekanbaru daerah yang berkembang lah orang-orang sekitar bergeser ke situ,” ujar dia.

Hingga hari Senin ini, perkembangan Sensus Penduduk sudah berjalan sekitar 90 persen, tinggal 10 persen lagi.

“Belum yang cuci piring, karena nggak ada orangnya, ke luar kota atau ke luar negeri. Hingga 90 persen itu jumlahnya 220-juta an. Angkanya masih bisa bertambah,” kata Rusman.

dtc/isw

lowongan pekerjaan
induktorindo, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Sapa Salah Seleh

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (17/11/2017). Esai ini karya Tito Setyo Budi, esais, sastrawan, dan budayawan yang tinggal di Sragen. Alamat e-mail penulis adalah titoesbudi@yahoo.com Solopos.com, SOLO–Ada pepatah tua dalam khazanah budaya Jawa, yaitu sapa salah seleh. Artinya,…