Senin, 24 Mei 2010 16:04 WIB Pendidikan Share :

Deteksi pemakai Narkoba, Ratusan siswa jalani tes urine


Solo (Espos)-
-Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Semarang mendeteksi sejumlah pelajar secara acak di beberapa sekolah di Kota Solo. Ratusan pelajar yang berada di bangku kelas XI diharuskan mengikuti tes urine.

Berdasarkan pantauan Espos tim BNN terpecah menjadi dua kelompok yakni di SMAN 6 dan di SMA Bhinneka Karya. Menurut Kepala SMAN 6 Solo, Makmur Sugeng, MPd, kegiatan tersebut merupakan program dari BNN provinsi, mereka menunjuk sejumlah sekolah dan mengambil secara acak siswa yang akan mengikuti kegiatan tersebut. Dia mengatakan, secara fisik pengguna Narkoba dapat dikenali tetapi secara pihaknya tidak dapat memastikan.

“Dapat dikenali dari perilakunya tetapi pihaknya tidak dapat memastikan bahwa orang tersebut pemakai Narkoba,” jelas dia ketika dijumpai Espos di ruang kerjanya, Senin (24/5).

Dia mengatakan, ada 125 siswa yang mengikuti kegiatan tersebut, mereka merupakan siswa yang duduk di kelas XI. Menurutnya, sampel siswa yang diambil dinilai tepat karena siswa yang duduk di kelas XI cenderung lebih rawan terganggu dari pengaruh negatif pergaulan jika dibandingkan dengan siswa kelas XII maupun X. Meski demikian, sambung dia, belum ada siswa yang terindentifikasi sebagai pemakai maupun pengedar obat-obat terlarang.

das

LOKER SOLO
Siapa Mau Kerja di Dealer ASTRA, Cek Syaratnya di Sini, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Kids Zaman Now Membaca Media Cetak?

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (12/2/2018) dan Harian Bisnis Indonesia edisi Sabtu (10/2/2018). Esai ini karya Lahyanto Nadie, pengampu Manajemen Media Massa di Kwik Kian Gie School of Business dan pengurus Yayasan Lembaga Pers dr. Soetomo Jakarta. Solopos.com,…