News
Senin, 24 Mei 2010 - 17:15 WIB

Anas harus keluar dari bayang-bayang SBY

Redaksi Solopos.com  /  Indah Septiyaning Wardani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Pekanbaru– Sejarawan Anhar Gongong berpendapat, Anas Urbaningrum yang baru saja terpilih sebagai Ketua Umum Partai Demokrat harus keluar dari bayang-bayang SBY untuk memajukan partai ke depan.

“Anas harus keluar dari bayang-bayang SBY. Artinya ia harus berani mengambil keputusan dan mengambil posisi tersendiri, meski tetap memberi tempat kepada SBY,” ujar Anhar di sela acara seminar Nasional Kebangkitan Nasional yang diadakan Kementerian Kominfo di Pekanbaru, Riau, Senin (24/5).

Advertisement

Ia berpendapat, Anas harus membuktikan bahwa partai tersebut bisa tetap mendapat hati dari rakyat meski tanpa SBY. “Tak bisa dipungkiri bahwa pencitraan dari seorang SBY menjadi salah satu penentu kemenangan Partai Demokrat dalam dua kali penyelenggaran Pemilu Presiden di Indonesia,” kata Anhar.

Karena itu, selain melakukan pembenahan internal, Anhar menilai Anas Urbaningrum perlu menggandeng sosok untuk menggantikan SBY yang mampu menarik perhatian rakyat juga masyarakat internasional. Hal tersebut, lanjutnya, merupakan kunci penting untuk partai tersebut bisa kembali unggul dalam Pemilu 2014.

“Anas masih kurang dikenal untuk dijadikan calon presiden pada 2014. Harus ada sosok lain yang bisa meyakinkan, terutama untuk mendapat dukungan masyarakat internasional,” ungkapnya.

Advertisement

Selain itu, ia juga berharap sosok Anas dapat membawa Partai Demokrat menjadi partai yang lebih memperjuangkan kepentingan rakyat. Menurut dia, ada pandangan yang menilai bahwa kehadiran Partai Demokrat ternyata belum mampu membawa perbaikan dalam warna perpolitikan nasional.

Ia berharap Anas bisa seperti Ir Soekarno, sebagai pemuda yang menjadi salah satu pendiri Partai Nasional Indonesia (PNI), yang mampu membawa perubahan dalam perjuangan dan kebangkitan nasional pada masa perjuangan kemerdekaan. “Saya melihat Partai Demokrat sama seperti partai lainnya yang ada sekarang, belum membawa perubahan berarti,” imbuhnya.

inilah/isw

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif