News
Minggu, 23 Mei 2010 - 16:07 WIB

SBY Netral, AM pun kalah

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta–Kalkulasi Andi Mallarangeng (AM) untuk meraih dukungan penuh dari SBY sebagai Ketum Partai Demokrat ternyata keliru. SBY justru bersikap netral dan ‘tersenyum’ pada ketiga calon ketum.

“SBY yang netral tentu membuat AM tercengang. Awalnya diharap SBY memberi dukungan secara implisit pada AM, tapi pada Jumat malam SBY memberikan pidato 2 kali, secara normatif tidak ada arahan dukungan ke salah satu calon. Artinya SBY tersenyum pada ketiga calon,” demikian analisi pengamat politik Lembaga Survei Indonesia (LSI) Burhanuddin Muhtadi kepada detikcom, Minggu (23/5).

Advertisement

Menurutnya, gagalnya strategi AM memberikan keuntungan pada 2 kandidat lainnya. “Strategi AM pun kandas, ia berharap SBY memberikan dukungan secara implisit. Jadi yang untung Marzuki Alie dan Anas Urbaningrum yang tidak berharap pada strategi itu,” ujarnya.

Ramai-ramai dukungan yang seolah didapat AM pun dinilainya bukanlah dukungan sesungguhnya. “Ramai di mana? Ramai di media sih iya. Tapi dukungannya ternyata tidak ke sana,” kata Burhanuddin.

Memasuki putaran ke dua, putusan siapa Ketua Umum PD nantinya akan keluar. Kecocokan SBY dinilai menjadi salah satu faktor penentu siapa yang jadi pemenang.

Advertisement

“Siapa yang berhasil menggaet senyum SBY dia besar kemungkinan menang,” ujar Burhanuddin.

Burhanuddin memprediksi, suara dukungan Andi Mallarangeng akan menjadi rebutan antara Anas Urbaningrum (AU) dan Marzuki Ali (MA).

“Lobinya akan mengarah ke dukungan SBY dan pendukung AM agar mau mengarah ke salah satu calon,” ujarnya.

Advertisement

Sementara itu, Direktur Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA berpendapat baik Anas Urbaningrum maupun Marzuki Ali akan saling mendukung.

“Tergantung lobinya, siapa yang mau digolkan. Kalau AU yang kubu MA akan dukung dan sebaliknya. Sentimennya kan ABAM alias Asal Bukan Andi Mallarangeng,” tandasnya.

dtc/tya

Advertisement
Kata Kunci : Kongres Partai Demokrat
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif