Minggu, 23 Mei 2010 18:19 WIB Negara Share :

Debut pasukan Elang Putih di Piala Dunia

Serbia memulai debut internasionalnya secara mandiri pada 16 Agustus 2006, dengan memenangkan pertandingan melawan Republik Ceko 3-1. Saat itu Serbia ini masih tergabung dengan Montenegro. Tim ini merupakan pecahan dua tim yang dibubarkan, Yugoslavia serta Serbia-Montenegro.Saat masih bersatu, tim ini telah mengikuti sembilan kali Piala Dunia sejak 1930 hingga 2002. Selain itu mereka pernah dua kali mencapai posisi runner up di kejuaraan Eropa.

Di Piala Dunia 2006 di Jerman, Serbia-Montenegro tak berhasil lolos di babak penyisihan grup setelah mereka mengantongi kekalahan dari keseluruhan tiga pertandingan.Piala Dunia 2010 ini menjadi penampilan yang pertama bagi Serbia di pentas kompetisi sepakbola terbesar setelah lepas dari Montenegro. Jika Yugosaliva dan Serbia-Montenegro berseragam seragam biru, Serbia mengadopsi seragam merah jersey dan mengambil nama pendek (julukan) Beli Orlovi (Elang Putih).

Perjalanan Serbia menuju Afrika Selatan dimulai pada tahap pertama kualifikasi Zona Eropa dimulai. Di fase ini, Serbia harus bersaing ketat dengan Austria dan Romania untuk bisa lolos di posisi kedua di bawah Prancis. Meski tim Elang Putih harus menelan kekalahan atas Les Blues, julukan Prancis, dengan skor 2-1 di Saint-Denis, namun pasukan Radomir Antic sukses memenangkan lima pertandingan pendahuluan untuk unggul empat poin pada tahap itu.

Mereka kemudian kembali ditahan imbang 1-1 di kandang oleh Prancis. Hasil tersebut membuat Serbia membutuhkan kemenangan dalam laga penentuan melawan Romania untuk memastikan jalan ke Afrika Selatan 2010. Elang Putih berhasil melaluinya dengan hasil mengesankan, menggulung Romania lima gol tanpa balas di Belgrade.Beberapa pemain yang masuk skuat Radomir adalah para pemain bintang. Yang paling terkenal adalah pemain belakang terbaik dunia yang kini merumput bersama Manchester United, Nemanja Vidic.

Keahliannya dalam menjinakkan serangan lawan dan jago duel udara membawa pemain berusia 28 tahun ini keluar sebagai pemain Liga Premier Inggris terbaik musim 2008/2009. Gelandang multifungsi Dejan Stankovic yang bermain bersama Inter Milan pun mengisi sederetan pemain bintang di pasukan Elang Putih berikutnya. Berkat pengalamannya, ia dipercaya sebagai kapten tim.

Nama lainnya adalah Marko Pantelic dan Milan Jovanovic yang menjadi ancaman di lini depan.Kesuksesan Elang Putih meretas jalan menuju Afrika Selatan tidak bisa dipisahkan dari peran Radomir Antic. Karir Antic menjadi pelatih cukup impresif, delapan tahun bersama Partizan, kemudian menukangi Turki, Spanyol dan Inggris.

Makin lama karirnya makin cemerlang. Dia pernah membesut Zaragoza, Real Madrid dan Oviedo sebelum berlabuh ke Atletico Madrid. Bersama Atletico ia sukses meraih geral juara La Liga dan Piala Raja di tahun pertamanya pada musim 1995/96. Pada 2008 ia mulai direkrut Serbia.

Berkat taktik dan startegi jitu Antic, Serbia berhasil membuka jalan menuju Afsel.“Kami berjuang untuk bisa meraih tiket ke Afsel. Kami telah membuktikan bahwa kami tim yang kuat. Kami akan tampil sebaik mungkin dan tak mengecewakan para pendukung,” tukas penyerang Serbia, Nikola Zigic.


Fakta Negara

Nama    : Republik SerbiaPemerintahan    : RepublikKemerdekaan    : 5 Juni 2006 (berpisah dari Montenegro)Jumlah Penduduk    : 9.396.411 jiwa (perkiraan 2002)Luas Wilayah    : 88.361 km2Mata uang    : Dinar Serbia

Konfederasi SepakbolaNama    : Asosiasi Sepakbola SerbiaJulukan    : Beli Orlovi (Elang Putih)Berdiri    : 28 Juni 2006Masuk FIFA    : 1921Masuk UEFA    : 1954Rangking FIFA    :  16Pelatih    : Randomir AnticSitus resmi    : www.fss.rsGelar :    –

Daftar Pemain

Penjaga Gawang Vladimir Stojkovic, Zeljko Brkic, Bojan Isailovic, Andjelko Djuricic.

Pemain Belakang Branislav Ivanovic, Antonio Rukavina, Nemanja Vidic, Neven Subotic, Aleksandar Lukovic, Ivan Obradovic, Aleksandar Kolarov.

Pemain TengahDejan Stankovic, Gojko Kacar, Nenad Milijas, Zdravko Kuzmanovic, Radosav Petrovic, Milos Krasic, Zoran Tosic, Milos Ninkovic, Milan Jovanovic.

Pemain Depan Nikola Zigic, Marko Pantelic, Danko Lazovic, Dragan Mrdja.

kha

lowongan pekerjaan
Bengkel Bubut, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Karanganyar Makin Beradab

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (18/11/2017). Esai ini karya Imam Subkhan, Ketua RT 001/RW 019, Jaten, Karanganyar. Alamat e-mail penulis adalah imamsubkhan77@gmail.com.   Solopos.com, SOLO–Sepulang sekolah, anak mbarep saya, Nadhifa, yang sekarang duduk di kelas IV sekolah dasar di…