Sabtu, 22 Mei 2010 16:08 WIB News Share :

Pos Sawur deteksi getaran gempa 5,1 SR

Surabaya— Pos Pengamatan Gunung Api di Gunung Sawur mendeteksi ada getaran gempa pada Sabtu (22/5) dinihari sekitar pukul 02.57 Wib. Berdasarkan informasi Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika, sumber getaran gempa tersebut berada di 167 kilometer arah Barat Daya dari Kabupaten Lumajang.

“Pos Sawur juga mencatat adanya getaran gempa,” kata Liswanto, salah satu petugas Pos PGA di Gunung Sawur, Kabupaten Lumajang, Sabtu (22/5).

Liswanto mengatakan getaran gempa sudah itu biasa terjadi. “Ada pergerakan lempeng bumi,” imbuhnya. Sejauh ini, kata dia, pihaknya belum menerima laporan dari masyarakat yang khawatir atas terjadinya gempa tersebut. “Belum ada laporan,” kata Liswanto.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa Politik dan Perlindungan Masyarakat (Kesbanglinmas) Kabupaten Lumajang Wisu Wasono Adi mengatakan, pihaknya sudah melakukan pemantauan di sejumlah pesisir pantai Selatan. “Tidak ada laporan adanya kerusakan akibat gempa tersebut,” kata Wisu.

Dia mengatakan, getaran gempa itu sudah biasa terjadi. Lebih lanjut dia mengatakan, tingginya gelombang pantai Selatan tidak dipengaruhui oleh faktor gempa bumi ini.

Ketua Kelompok Nelayan Desa Buluhrejo Kecamatan Tempursari, Sumarji mengatakan, sejumlah nelayan merasakan getaran gempa tersebut. “Kami merasakan ada getaran,” kata Sumarji. Namun, kata dia, warga tidak khawatir dengan ancaman tsunami.

tempointeraktif/rif

Lowongan Pekerjaan
Kepala Sekolah KB & TKIT Alhikam Delanggu, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Darmanto Jatman Bercerita Jawa

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (15/01/2018). Esai ini karya Bandung Mawardi, seorang kritikus sastra. Alamat e-mail penulis adalah bandungmawardi@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Rumah dalam pemahaman peradaban Jawa adalah ruang hidup untuk menjadikan manusia ada dan berada. Pemahaman itu menunjukkan konstruksi…