Sabtu, 22 Mei 2010 21:14 WIB News Share :

Opsi B menang, kubu Marzuki Alie yakin lawan Anas

Bandung— Fungsionaris Demokrat, Achsanul Qosasi, melihat hasil voting soal urutan agenda Kongres II Demokrat memperlihatkan peta dukungan calon Ketua Umum Demokrat.

Kemenangan Opsi B yang menginginkan Ketua Umum dipilih dulu sebelum membahas Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga menunjukkan pendukung Anas Urbaningrum dan Marzuki Alie punya kans lebih besar, yaitu 375 suara. Sementara yang memilih sebaliknya sebesar 130 suara.

“Itu menunjukkan pendukung Andi Mallarangeng hanya 130 suara,” kata Achsanul mengklaim. “Semakin optimistis bagi Anas Urbaningrum dan Marzuki Alie,” katanya di sela-sela Kongres di Hotel Mason Pine, Bandung Barat, Sabtu (22/5).

Menurut Achsanul, saat ini tinggal bagaimana Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono untuk mengumpulkan tiga calon dan memberikan instruksi politik. “Dewan Pembina harus memanggil ketiganya dan memberikan instruksi politik agar tak terjadi money politics. Kalau dibiarkan bebas dikhawatirkan money politics,” katanya.

Achsanul yang mendukung Marzuki Alie, optimistis dalam pemilihan tadi yang berasal dari kubu Marzuki adalah 238 suara.  Dengan begitu, ujar Achsanul, menunjukkan 2 calon ketua umum akan berhadapan yaitu Anas Urbaningrum dan Marzuki Alie.

Sementara Andi Mallarangeng, ujar Achsanul, bisa melakukan gerakan-gerakan. “Apakah kubu Andi Mallarangeng bisa memperkuat dukungan atau mendukung salah satu Marzuki atau Anas,” ujarnya.

Didi Irawadi Syamsuddin, salah satu pendukung Andi Mallarangeng, menyatakan jangan buru-buru menyimpulkan hasil voting menunjukkan peta dukungan pada calon. “Hasil voting ini mencerminkan demokrasi berjalan,” ujarnya. Ia menepis hasil voting soal agenda sidang jadi indikasi kemenangan Marzuki yang sejak awal mendukung Opsi B.

vivanews/rif

Loading...

Kolom

GAGASAN
Karanganyar Makin Beradab

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (18/11/2017). Esai ini karya Imam Subkhan, Ketua RT 001/RW 019, Jaten, Karanganyar. Alamat e-mail penulis adalah imamsubkhan77@gmail.com.   Solopos.com, SOLO–Sepulang sekolah, anak mbarep saya, Nadhifa, yang sekarang duduk di kelas IV sekolah dasar di…