Sabtu, 22 Mei 2010 14:31 WIB Internasional Share :

Kecelakaan Air India, Bandara Mangalore berbahaya

India–Bandara Mangalore terbilang sebagai bandar udara berbahaya lantaran letaknya di kawasan berbukit-bukit. Mangalore sendiri adalah ibu kota negara bagian Karnataka di kawasan selatan India. Jarak dari kota Mangalore ke bandara tersebut sekitar 19 kilometer.

Terkait dengan kecelakaan yang menimpa pesawat Air India, sebagaimana AP dan PTI menulis, Sabtu (22/5), bandara itu juga dikelilingi oleh pepohonan yang lumayan rimbun. Insiden kecelakaan yang dikhawatirkan menewaskan 160 penumpang pesawat tersebut diduga dipengaruhi pula oleh kondisi cuaca. Sejak dua hari belakangan, hujan selalu turun di kawasan bandara. Akibatnya, pandangan pilot terbatas.

Sementara itu, Menteri Dalam Negeri Karnaka VS Acharya juga mengatakan, pihak regu penolong mengalami kesulitan untuk segera memberikan bantuan. Alasannya, seperti dikemukakan di atas.

Diduga, saat mendarat, pesawat yang baru datang dari Dubai, Uni Emirat Arab, itu terlalu menukik. Terjadilah benturan dengan landasan pacu, sementara pesawat yang masih memiliki kecepatan tinggi itu menabrak pagar pembatas dan terempas ke arah tembok bandara.

kcm/isw

Loading...

Kolom

GAGASAN
Sapa Salah Seleh

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (17/11/2017). Esai ini karya Tito Setyo Budi, esais, sastrawan, dan budayawan yang tinggal di Sragen. Alamat e-mail penulis adalah titoesbudi@yahoo.com Solopos.com, SOLO–Ada pepatah tua dalam khazanah budaya Jawa, yaitu sapa salah seleh. Artinya,…