Sabtu, 22 Mei 2010 15:37 WIB Ekonomi Share :

Juli 2010, listrik bebas byar pet

Jakarta–PT PLN (Persero) targetkan menuntaskan masalah pemadaman listrik secara bergilir (byar pet) per  akhir Juni 2010. Komitmen ini juga sejalan akan naiknya tarif dasar listrik (TDL) pada Juli 2010 nanti.

“PLN sudah konsisten hilangkan byar pet pada 30 Juni,” tegas Menko Perekonomian, Hatta Rajasa saat bincang dengan wartawan di Kantornya, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta, Jumat (21/5/2010).

Untuk mencapai target tersebut, lanjut Hatta, kenaikan TDL merupakan hal yang tidak bisa dihindari. Pasalnya PLN  kemungkinan mengalami kekurangan suplai untuk penyiapan daya listrik.

“Semula di APBN TDL naik 15%, di APBN-P turun menjadi 10%,” katanya.

Selain itu Hatta menyatakan pemerintah sedang mempersiapkan enam skenario mengenai kenaikan TDL yang saat ini masih dibahas oleh PT PLN dan Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM).

“TDL saya tidak akan masuk dalam 6 skenario itu karena dibahas pada level ESDM dan PLN,” jelasnya.

Menurut Hatta, pihaknya hanya mengingatkan agar pemilihan skenario kenaikan TDL benar-benar dipertimbangkan secara masak dan menghasilkan keputusan pelanggan mana saja yang harus dikenakan kenaikan harga TDL.

“Enam skenario dan itu harus dikembangkan sebaik mungkin. Intinya menjaga APBN dan subsidi tidak membengkak, pertahankan defisit pada 2,4% dan harus dianalisis betul dari keputusan itu mana saja yang perlu dinaikkan,” ujarnya.

inilah/isw

lowongan pekerjaan
PT. Monang' Sianipar Abadi ( MSA KARGO ), informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Bersenang-Senang

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (13/11/2017). Esai ini karya Sholahuddin, Manajer Penelitian dan Pengembangan Harian Solopos. Alamat e-mail penulis adalah sholahuddin@solopos.co.id. Solopos.com, SOLO–Belakangan ini terjadi perubahan secara radikal pada lanskap ekonomi dan bisnis di Indonesia. Sektor bisnis konvensional…