Sabtu, 22 Mei 2010 21:51 WIB Solo Share :

Festival kuliner Solo.semarak

Solo(Espos)–Festival kuliner Solo bertajuk “When urban meet tradisionalist” yang digelar di salah satu ruas Jl Jenderal Soedirman Solo, Sabtu (22/5) semarak.

Pantauan Espos ratusan pengunjung memadati salah satu ruas Jl Jenderal Soedirman yang sengaja ditutup tersebut.Meskipun, dari 40 stan peserta yang disediakan oleh Dinas Pariwisata Seni dan Budaya Kota Solo terlihat kosong.

“Asyik ada acara seperti ini. Semoga bisa rutin,” ujar salah seorang pengunjung warga Palur RT 2/I Oki Dwiyanti, 21.

Namun,menurut Oki, karena acaranya bertajuk kuliner Solo, ia berharap ke depan selain sosialisasi perlu ditambah lagi, kuliner yang muncul memang benar-benar kuliner khas Solo.”Terutama kuliner-kuliner yang mungkin hampir punah,” sarannya.

Salah seorang peserta dari Keleman Maharani Punggawan RT 2/RWII yang menjual aneka jajan pasar, Novia, juga menyambut positif gelaran acara tersebut. Pasalnya, tak hanya menambah referensi kuliner di Solo bagi masyarakat tetapi juga merangsang industri rumahan untuk berkembang. “Ya seperti saya ini misalnya,” tuturnya.

Menurut Purnomo, festival dengan dana APBD sebesar Rp 34 juta tersebut sengaja digelar mengalang potensi kuliner Kota Solo. Pasalnya, kuliner bisa digarap sebagai salah satu obyek wisata Solo. “Ke depan ini akan rutin diselenggarakan setahun sekali. Rencananya tahun depan di Mangkunegaran,” ujarnya.

Dengan harapan, selain sebagai sarana memberdayakan usaha kecil dan menengah, nantinya juga akan terwujud sebuah paguyuban kuliner Solo.

Sementara itu terkait dengan beberapa peserta yang tidak hadir Purnomo tidak mengetahui persis alasannya. “Padahal saat pendaftaran kemarin sudah penuh. Mungkin karena gratis. Tetapi ini jadi evaluasi karena baru pertama kali,” tuturnya.

fey

lowongan pekerjaan
Fila Djaya Plasindo, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Karanganyar Makin Beradab

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (18/11/2017). Esai ini karya Imam Subkhan, Ketua RT 001/RW 019, Jaten, Karanganyar. Alamat e-mail penulis adalah imamsubkhan77@gmail.com.   Solopos.com, SOLO–Sepulang sekolah, anak mbarep saya, Nadhifa, yang sekarang duduk di kelas IV sekolah dasar di…