Jumat, 21 Mei 2010 19:53 WIB Sepak Bola Share :

Tim Cahill, spirit bagi Tim Australia

Tak diragukan lagi bahwa Tim Cahill telah menjadi spirit bagi Timnas Australia. Gol-gol gelandang menyerang di saat-saat genting menjadi penyelamat The Socceros dari kekalahan. Kecerdikannya untuk menempatkan posisi dan kemahirannya dalam duel di udara membuatnya sebagai sosok pemain gelandang yang berbahaya.

Tak salah jika Pim Verbeek mempercayainya untuk menjadi jenderal lapangan tengah Tim Kangguru.  Pria kelahiran 6 Desember 1979 ini dikenal mempunyai sundulan yang sangat baik dan kerajinannya membantu rekan-rekan setimnya. Cahill juga menjadi pencetak gol pertama bagi Timnas Australia pada Piala Dunia 2006. Gol tersebut dicetak saat The Socceroos menghadapi Tim Matahari Terbit, Jepang. Pemain yang kini merumput bersama Everton juga menjadi pencetak gol pertama Timnas Australia di Piala Asia 2007 ketika melawan Oman.

Tim Cahill merupakan pemain yang sangat penting bagi klub Everton dalam beberapa tahun terakhir setelah bergabung dari Milwall FC. Dia sering menciptakan gol-gol penting yang sebagian besar datang dari sundulan. Sempat dua kali dia mencetak gol dengan gaya bicycle kick, yakni saat melawan Bolton Wanderers dan Chelsea. Sayang sejak bulan Maret 2008 dia mengalami cedera telapak kaki sehingga mengharuskannya beristirahat beberapa bulan.

Pada tanggal 13 September Dia kembali merumput melawan Stoke City dan langsung menciptakan gol kemenangan di laga itu dan skor berakhir 3-2 untuk Everton. Debut internasionalnya dimulai pada tahun 2006. Di Piala Dunia 2006 pria yang memiliki tinggi badan 178 cm ini berhasil membawa Tim Kangguru lolos ke babak 16 besar. Pencapaian ini cukup mengejutkan mengingat Australia kala itu tergabung dalam grup neraka bersama Brazil, Kroasia dan Jepang. Australia lolos sebagai runner up di bawah Brazil.

Di penampilan keduanya di Piala Dunia 2010, publik Australia berharap banyak pada pemain yang dikenal cerdik untuk kembali membuat kejutan. Sejauh ini ia sudah 33 kali tampil bersama The Socceroos. Sejauh itu pula ia selalu menjadi pilihan utama pelatih dan telah mencetak delapan gol.

kha

lowongan pekerjaan
PT. Monang' Sianipar Abadi ( MSA KARGO ), informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Karanganyar Makin Beradab

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (18/11/2017). Esai ini karya Imam Subkhan, Ketua RT 001/RW 019, Jaten, Karanganyar. Alamat e-mail penulis adalah imamsubkhan77@gmail.com.   Solopos.com, SOLO–Sepulang sekolah, anak mbarep saya, Nadhifa, yang sekarang duduk di kelas IV sekolah dasar di…