Jumat, 21 Mei 2010 15:08 WIB Kesehatan Share :

Kurangi nyeri otot dengan jahe

Jakarta–Jahe, yang biasa digunakan sebagai bahan minuman, ternyata dapat mengurangi nyeri otot. Menurut penelitian Universitas Georgia, Amerika Serikat, konsumsi jahe setiap hari juga mengurangi nyeri otot yang disebabkan oleh olahraga.

Menurut profesor di Jurusan Kinesiology, Patrick O’Connor, konsumsi jahe harian dapat mengurangi rasa nyeri. “Efeknya bisa mencapai 25 persen,” kata dia seperti dikutip laman Sciencedaily, Jumat (21/5). Pemanasan jahe, kata dia, membuat naiknya efek pengurangan nyeri ini.

O’Connor membuat dua penelitian soal efek dari 11 hari dari suplemen jahe mentah dan dipanaskan pada nyeri otot. Dua penelitian itu menggunakan 34  dan 40 relawan, yang masing-masing mengonsumsi kapsul mengandung dua gram jahe baik mentah maupun sudah dipanaskan selama penelitian.

Pada hari kedelapan para relawan diberi latihan dengan beban berat untuk menimbulkan cedera otot pada lengan. Fungsi lengan, peradangan, dan nyeri dinilai sebelum dan tiga hari setelah latihan. Hasilnya, penambahan jahe setiap hari mengurangi rasa nyeri 25 persen.

Nyeri otot merupakan salah satu jenis sakit yang umum dialami hampir semua orang. “Temuan ini akan disambut oleh banyak orang yang mengalaminya,” kata dia optimistis. Nyeri yang agak berat, biasanya, cedera terkait dengan olahraga.

tempointeraktif/ tiw

lowongan pekerjaan
PT. PERINTIS KARYA SENTOSA, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Generasi Milenial dan Politik

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (14/11/2017). Esai ini karya Lukmono Suryo Nagoro, editor buku yang tinggal di Kota Solo. Alamat e-mail penulis adalah lukmono.sn@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Baru-baru ini lembaga think tank yang bermarkas di Tanah Abang, Jakarta, Centre for…