Jumat, 21 Mei 2010 16:07 WIB Internasional Share :

Bandara pertama di dunia dengan fasilitas perpustakaan

Belanda–Bandara Internasional Schiphol, Amsterdam, Belanda, akan menjadi bandara pertama di dunia yang punya perpustakaan permanen. Mulai musim panas ini yakni awal Juli 2010, penumpang yang transit atau punya waktu luang bisa membaca atau mendengar buku-buku koleksi perpustakaan.

Seperti dilansir Radio Nederland Wereldomroep (RNW), sebagaimana dikutip dari Vivanews.com, Jumat (21/5), inisiatif mendirikan perpustakaan datang dari organisasi ProBiblio dan didukung oleh Departemen Pendidikan, Kebudayaan dan Pengetahuan Belanda. Ketua proyek Dick van Tol dari ProBiblio, menyatakan banyak hal bisa ditemukan di perpustakaan bandara ini.

“Ini akan jadi perpustakaan multimedia, dengan berbagai aspek budaya Belanda. Jadi tidak hanya kesusastraan yang bisa ditemukan di sini, film dan musik juga ada.”

Karena perpustakaan ini akan jadi tempat menghabiskan waktu atau menunggu penerbangan selanjutnya, pengunjung tidak diperbolehkan membawa buku, DVD atau koleksi lainnya ke luar perpustakaan. Untuk memuaskan pengunjung, tersedia ruangan khusus untuk mengunduh di perpustakaan.

Dengan fasilitas yang ada di sana, Anda bisa menonton film atau langsung mengunduhnya ke ponsel Anda. “Jadi Anda bisa menonton film itu di pesawat atau di rumah,” kata Dick van Tol.

Airport Library, begitu rencananya perpustakaan ini dinamakan, terletak di belakang counter pengontrolan paspor. Semua penumpang yang memiliki tiket pesawat bisa menggunakan fasilitas ini. Walaupun bahasa pengantar yang digunakan adalah bahasa Inggris, bahasa Belanda juga berperan penting di sini. “Banyak album foto yang berbahasa Belanda atau Inggris,” Van Tol menerangkan.

Perpustakaan ini muncul bukan karena abu vulkanik dari gunung berapi di Islandia yang melumpuhkan lalu-lintas udara di Schiphol beberapa waktu lalu. Persiapan pembangunan perpustakaan ini sudah berlangsung sejak tiga tahun lalu.

Vivanews/isw

lowongan pekerjaan
Hotel Margangsa, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Generasi Milenial dan Politik

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (14/11/2017). Esai ini karya Lukmono Suryo Nagoro, editor buku yang tinggal di Kota Solo. Alamat e-mail penulis adalah lukmono.sn@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Baru-baru ini lembaga think tank yang bermarkas di Tanah Abang, Jakarta, Centre for…