News
Jumat, 21 Mei 2010 - 12:21 WIB

AS waspadai serangan kelompok Taliban Pakistan

Redaksi Solopos.com  /  Indah Septiyaning Wardani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Washington–Kelompok Taliban Pakistan saat ini aktif merencanakan serangan teror terhadap Amerika Serikat (AS). Hal itu merupakan informasi baru yang dikumpulkan intelijen AS pekan ini.

Demikian disampaikan seorang pejabat intelijen AS yang tidak disebutkan namanya seperti dilansir News.com.au, Jumat (21/5).

Advertisement

Menurut pejabat tersebut, target-target AS di luar negeri juga masuk dalam radar para teroris. Direktur Central Intelligence Agency (CIA) Leon Panetta dan penasihat keamanan nasional Presiden AS Barack Obama, James Jones mengetahui soal plot teroris tersebut sebelum mereka berkunjung ke Pakistan pekan ini.

Keduanya telah memberitahukan pemerintah Pakistan mengenai plot serangan teror tersebut. Tidak jelas kota-kota AS mana yang kemungkinan menjadi target serangan teroris.

Belum lama ini terjadi percobaan peledakan di Times Square, New York, AS. Pria yang dituduh terlibat upaya pengeboman itu, Faisal Shahzad, diyakini telah bekerja sama dengan kelompok Taliban Pakistan.

Advertisement

Dalam insiden di Times Square tersebut, Shahzad meninggalkan sebuah kendaraan SUV berisi bahan peledak di tempat yang dipenuhi para turis itu pada 1 Mei lalu.

Kepada penyidik, ayah dua anak itu mengaku telah menerima pelatihan bahan peledak dari para teroris di Pakistan saat kunjungan ke negeri itu tahun lalu. Shahzad pun dikenai dakwaan percobaan penggunaan senjata pemusnah massal dan kejahatan-kejahatan terkait teror lainnya. Jika terbukti bersalah, pria itu bisa diancam dengan hukuman penjara seumur hidup.

dtc/isw

Advertisement

Advertisement
Kata Kunci : AS Taliban Pakistan
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif