News
Jumat, 21 Mei 2010 - 19:22 WIB

3 Calon Dirut Mandiri selesai uji kelayakan

Redaksi Solopos.com  /  Indah Septiyaning Wardani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta–Proses uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) tiga calon pengganti Agus Martowardojo sebagai direktur utama PT Bank Mandiri Tbk telah selesai siang ini.

“Tadi sebelum Jumatan sudah selesai saya lakukan,” kata Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Mustafa Abubakar di kantornya, Jakarta, Jumat 21 Mei 2010.

Advertisement

Hasil uji kelayakan dan kepatutan itu, dia melanjutkan, akan langsung diberikan pada Tim Penilai Akhir (TPA). “Kami berharap pada 5 Juli nanti sudah ada keputusan,” ujar Mustafa.

Jadwal tersebut sedikit mundur dari sebelumnya yang diperkirakan akhir Juni. “Setelah melihat timetable-nya, agak mundur,” tuturnya.

Dia mengatakan, tiga orang tersebut merupakan usulan dari komisaris kepada Kementerian BUMN. “Komisaris mengajukan agar dua dari dalam dan satu dari luar,” tuturnya. Namun, Menneg BUMN belum bersedia membuka nama-nama calon itu.

Advertisement

Dia mengatakan, Kementerian BUMN juga masih mencari calon lainnya, baik dari dalam Kementerian atau swasta. “Cari tambahan lain, sehingga dapat diperoleh yang terbaik dari kementerian dan senior. Kebetulan usulan dari komisaris cepat dan sudah masuk,” kata dia.

Ia menambahkan, jika calon nantinya pernah memimpin bank, Bank Indonesia (BI) juga sudah menyatakan lulus fit and proper test.

Kriteria yang dilihat, menurut Mustafa, adalah rekam jejak, manajemen kepemimpinan, keberanian, kuat menghadapi tekanan, dan kemampuan mereformasi di Bank Mandiri.

Advertisement

vivanews/isw

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif