Kamis, 20 Mei 2010 16:33 WIB Sragen Share :

Sodimejo, Manusia tertua di Sragen

Sragen (Espos)–Saparman Sodimejo, warga Dukuh Segeran RT 18, Desa Cemeng, Kecamatan Sambungmacan, Sragen merupakan manusia tertua di wilayah Bumi Sukowati. Hal ini diketahui setelah dilakukan sensus penduduk 2010.

Dengan langkah membungkuk, Saparman Sodimejo, kakek berusia 142 tahun masih kuat mencangkul, kendati tubuhnya tak kuat untuk berjalan tegap. Bahkan pendengarannya sedikit terganggu sehingga menjadi hambatan bagi warga yang ingin berkomunikasi dengannya.

“Terpaksa harus berbicara keras saat bertanya atau berkomunikasi dengan simbah. Kendati sudah usia lanjut, simbah suka minum es teh dan makannya kuat,” ujar Suwarni, 35, cucu menantunya ditemui Espos di kediamannya, Kamis (20/5).

Sodimejo memiliki panggilan yang unik saat mudanya, yakni Gotho. Dia sering melalang Bumi Sukowati dalam mengarungi hidupnya di tiga zaman, yaitu zaman belanda, zaman jepang dan zaman kemerdekaan. Sodimejo juga mengisahkan tentang perkawinannya kali keempat dengan gadis pujaannya.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Sragen, Laeli Sugiyono mengungkapkan, informasi warga tertua itu diketahui dari hasil sensus penduduk di Kecamatan Sambungmacan.

trh

lowongan pekerjaan
Toko Cat Warna Abadi (WAWAWA), informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Karanganyar Makin Beradab

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (18/11/2017). Esai ini karya Imam Subkhan, Ketua RT 001/RW 019, Jaten, Karanganyar. Alamat e-mail penulis adalah imamsubkhan77@gmail.com.   Solopos.com, SOLO–Sepulang sekolah, anak mbarep saya, Nadhifa, yang sekarang duduk di kelas IV sekolah dasar di…