News
Kamis, 20 Mei 2010 - 16:25 WIB

PWI: Keterbukaan informasi harus di jamin!

Redaksi Solopos.com  /  Indah Septiyaning Wardani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solo (Espos)--Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Solo menyoroti rencana kebijakan penyampaian informasi melalui satu pintu di Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) yang seharusnya lebih longgar dan fleksibel.

Ketua PWI Kota Solo, Budi Santosa sekaligus Kepala Biro Suara Merdeka Solo menegaskan kebijakan tersebut seharusnya justru mempermudah media atau masyarakat dalam mengakses informasi. Terkait dengan kebijakan itu, dinas atau pejabat terkait yang ditunjuk harus memiliki data serta akses informasi secara memadahi. Menurutnya, apabila akses data dan informasi tersebut terhambat maka sama halnya mereka telah melanggar Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik.

Advertisement

“Yang saya tanyakan apakah dengan adanya sumber informasi satu pintu itu dapat menjamin kebutuhan informasi yang dibutuhkan masyarakat?” jelasnya ketika dijumpai Espos di Rumah Makan Ria Rasa Resto, Manahan, Solo, Kamis (19/5).

Dia mengatakan, ketika kebijakan tersebut digulirkan maka dinas terkait harus melaksanakan konsekwensinya sebagai penyampai informasi. Menurutnya, pejabat humas yang ditunjuk harus menguasai segala hal terkait informasi yang dibutuhkaan publik. “Akan baik jika dinas mengeleminir kemungkinan negatif, tapi sekali lagi jangan sampai ini menyulitkan masyarakat terlebih para wartawan untuk mengakses data dan informasi,” jelas dia.

das

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : Dinas Pendidikan PWI
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif