Kamis, 20 Mei 2010 16:25 WIB Pendidikan Share :

PWI
Keterbukaan informasi harus di jamin!

Solo (Espos)--Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Solo menyoroti rencana kebijakan penyampaian informasi melalui satu pintu di Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) yang seharusnya lebih longgar dan fleksibel.

Ketua PWI Kota Solo, Budi Santosa sekaligus Kepala Biro Suara Merdeka Solo menegaskan kebijakan tersebut seharusnya justru mempermudah media atau masyarakat dalam mengakses informasi. Terkait dengan kebijakan itu, dinas atau pejabat terkait yang ditunjuk harus memiliki data serta akses informasi secara memadahi. Menurutnya, apabila akses data dan informasi tersebut terhambat maka sama halnya mereka telah melanggar Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik.

“Yang saya tanyakan apakah dengan adanya sumber informasi satu pintu itu dapat menjamin kebutuhan informasi yang dibutuhkan masyarakat?” jelasnya ketika dijumpai Espos di Rumah Makan Ria Rasa Resto, Manahan, Solo, Kamis (19/5).

Dia mengatakan, ketika kebijakan tersebut digulirkan maka dinas terkait harus melaksanakan konsekwensinya sebagai penyampai informasi. Menurutnya, pejabat humas yang ditunjuk harus menguasai segala hal terkait informasi yang dibutuhkaan publik. “Akan baik jika dinas mengeleminir kemungkinan negatif, tapi sekali lagi jangan sampai ini menyulitkan masyarakat terlebih para wartawan untuk mengakses data dan informasi,” jelas dia.

das

lowongan pekerjaan
Toko Cat Warna Abadi (WAWAWA), informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Karanganyar Makin Beradab

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (18/11/2017). Esai ini karya Imam Subkhan, Ketua RT 001/RW 019, Jaten, Karanganyar. Alamat e-mail penulis adalah imamsubkhan77@gmail.com.   Solopos.com, SOLO–Sepulang sekolah, anak mbarep saya, Nadhifa, yang sekarang duduk di kelas IV sekolah dasar di…