Soloraya
Kamis, 20 Mei 2010 - 16:37 WIB

Perbaikan jalan di Keposong, Pemkab siapkan Rp 640 juta

Redaksi Solopos.com  /  Tutut Indrawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Boyolali (Espos)–Pemkab melalui Dinas Pekerjaan Umum Perhubungan Pertambangan dan Kebersihan (DPUPPK) Boyolali menyiapkan anggaran Rp 640 juta yang berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) 2010 untuk perbaikan jalan alternatif yang menghubungkan Kabupaten Boyolali dan Klaten di Desa Keposong, Musuk.

Kepala DPUPPK Boyolali, Budi Wiryawan mengatakan perbaikan akan segera dilakukan dalam waktu dekat ini setelah pelaksanaan proses lelang kegiatan proyek selesai. “Saat ini sudah memasuki tahap lelang dan akan dilaksanakan bersamaan dengan proyek lain,” ujarnya kepada wartawan di Pemkab, Kamis (20/5).

Advertisement

Menurut  Budi, jalur alternatif Keposong-Tamansari itu mengalami kerusakan parah, karena tiap hari dilintasi truk pasir yang melebihi tonase. Akibatnya, lapisan aspal mudah rusak. Dari pengamatan yang telah dilakukan, jelas Budi, konstruksi bagian bawah di jalan tersebut masih dalam kondisi baik. Selain itu, kondisi tanah juga relatif stabil, sehingga masih bisa dilakukan perbaikan dengan peningkatan jalan.

“Kalau ada jalan yang kondisi tanahnya labil, maka ada beberapa bagian yang harus di cor beton,” papar dia. Dijelaskannya, kerusakan jalan Keposong-Tamansari itu tidak terlalu parah, dibandingkan dengan kondisi jalan di wilayah Boyolali utara. Pasalnya, kerusakan jalan itu bukan karena kondisi geografis wilayah yang tanahnya labil seperti wilayah Boyolai utara.

Budi mengatakan jika truk pasir itu tidak melebihi tonase yang dizinkan, kerusakan yang terjadi tidak separah seperti saat ini. “Kami akan memperketat pengawasan terkait volume pasir yang diangkut,” jelas dia.

Advertisement

Bentuk pengetatan itu, jelas Budi, pihaknya akan mengefektifkan kembali portal yang telah ada. Selain itu, juga akan mengefektifkan petugas retribusi terhadap pengguna jalan yang melintas di jalur tersebut.

Sebelumnya, jalan Keposong-Tamansari, Musuk dikeluhkan sejumlah warga. Pasalnya, jalan alternatif menuju Kecamatan Jatinom, Klaten itu mengalami kerusakan yang sangat parah (SOLOPOS, 19/5).

fid

Advertisement

Advertisement
Kata Kunci : Jalan Di Keposong
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif