Kamis, 20 Mei 2010 15:34 WIB News Share :

Kabupaten Poso dikepung banjir

Palu–Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah, dalam beberapa hari terakhir ini dikepung banjir menyusul hujan deras yang mengguyur hampir seluruh wilayah itu.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Alam Daerah (BPBAD) Kabupaten Poso, Haris Renggah, via telepon dari Poso, Kamis (20/5) membenarkan bahwa dalam sepekan ini beberapa wilayah di Kabupaten Poso dilanda banjir.

“Namun, dari sejumlah desa di empat kecamatan di Kabupaten Poso yang dilanda banjir, tidak ada korban jiwa,” katanya. Dua desa di Kecamatan Pamona Utara dan Pamona Barat pada Rabu (19/5) malam diterjang banjir akibat meluapnya air Danau Poso menyusul hujan deras yang mengguyur wilayah itu.
Kedua desa itu adalah Taipa, Kecamatan Pamona Barat, dan Tonusu, Kecamatan Pamona Utara.

Berdasarkan informasi yang diperoleh dari aparat pemerintah di dua kecamatan tersebut, jumlah rumah yang terendam air setinggi hingga mencapai satu meter tercatat sekitar lebih dari 250 unit. Khusus di Desa Taipa, Kecamatan Pamona Barat, tercatat 120 rumah hingga kini masih tergenang, dan di Desa Tonusu ada 120 rumah warga juga terendam banjir.

Banjir yang sama juga menerjang dua kecamatan di Kabupaten Poso, yakni Poso Kota dan Poso Kota Selatan. Puluhan rumah di dua wilayah itu terendam, tetapi saat ini airnya sudah mulai surut.

Pemkab Poso sudah menyalurkan berbagai bantuan, khususnya bahan makanan untuk memenuhi kebutuhan para korban. “Selain bantuan bahan makanan, juga pakaian, selimut, dan obat-obatan untuk mengantisipasi penyakit pascabanjir,” katanya.

Sementara Kepala Sub Perum Bulog Poso, Ir Asmal mengatakan, pihaknya siap kembali mendistribusikan beras untuk para korban banjir di dua kecamatan, Pamona Utara dan Barat.

kompas.com/ tiw

Loading...

Kolom

GAGASAN
Karanganyar Makin Beradab

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (18/11/2017). Esai ini karya Imam Subkhan, Ketua RT 001/RW 019, Jaten, Karanganyar. Alamat e-mail penulis adalah imamsubkhan77@gmail.com.   Solopos.com, SOLO–Sepulang sekolah, anak mbarep saya, Nadhifa, yang sekarang duduk di kelas IV sekolah dasar di…