Soloraya
Kamis, 20 Mei 2010 - 19:53 WIB

Calhaj KTP bodong, Dewan minta ada verifikasi ulang

Redaksi Solopos.com  /  Indah Septiyaning Wardani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Klaten (Espos)–Kalangan DPRD Klaten mendesak dilakukannya verifikasi untuk memastikan keabsahan KTP jemaah calon haji (Calhaj) yang akan berangkat tahun ini. Hal itu menyusul temuan adanya puluhan Calhaj di Kecamatan Jatinom yang terindikasi menggunakan KTP asli tapi palsu untuk mendaftar haji.

Sementara, Kantor Kementerian Agama Klaten mengaku siap menyerahkan berkas fotokopi KTP calon haji (Calhaj) kepada Pemkab Klaten untuk proses verifikasi apakah KTP tersebut asli atau palsu.Anggota Komisi IV DPRD Klaten, Mulyono, Kamis (20/5), mengatakan, sebenarnya sinyalemen pengunaan KTP aspal untuk mendaftar haji sudah terdengar sejak lama.

Advertisement

Sebab, kuota haji di setiap daerah dibatasi sehingga orang yang ingin berangkat haji berupaya mencari celah supaya bisa segera berangkat. “Sejak awal, Dewan sudah meminta agar Pemkab dan Kementerian Agama lebih teliti,” jelasnya.

Dia mengatakan, pembuktian keaslian KTP semestinya tak sulit dilakukan karena Pemkab diyakini mempunyai data valid. Oleh sebab itu, pihaknya mendesak segera dilakukan verifikasi agar segera ketahuan mana yang asli atau palsu.

Kasi Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama Klaten, Muhammad Yusuf mengatakan, pihaknya sejak awal sudah mempersiapkan fotokopi KTP yang digunakan mendaftar oloeh Calhaj. Dikatakan dia, Pemkab telah menyampaikan undangan untuk membahas verifikasi KTP.

Advertisement

“Undangannya besok (Jumat, 21/5). Kami siap menyerahkan fotokopi KTP Calhaj yang sebagian besar sudah dilegalisasi pihak berwenang,” urainya.

rei

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : Calhaj KTP Bodong
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif