Rabu, 19 Mei 2010 19:09 WIB News Share :

Rekan Dulmatin serahkan diri

Jakarta– Seorang pria terduga teroris Abu Hamzah alias Babe alias Daud alias Reza Sungkar, dengan nama di KTP Rizal Hasan, menyerahkan diri ke Mabes Polri. Alasannya, dia menginginkan tuduhannya sebagai teroris segera diklarifikasi Polri.

“Kami dimitai tolong, keluarganya ada yang di-DPO-kan, bahwa apa sebetulnya yang terjadi di lapangan tidak seperti itu. Kita minta klarifikasi dari kepolisian,” kata pengacara Rizal yang mendampinginya saat penyerahan diri ke Mabes Polri, Sugito Atmoprawiro, di Mabes Polri, Jakarta, Rabu (19/5).

Ia mengatakan, Rizal bersedia untuk segera diperiksa dan di-BAP (Berita Acara Pemeriksaan) untuk membuktikan proses hukum yang sebenarnya terjadi. “Kita tidak menafikkan ikut pelatihan,” tutur Sugito.

Mengenai alasan mengapa Rizal mengikuti pelatihan militer di Aceh dan terlibat jaringan teroris, hal itu yang menurut Sugito penting untuk dijelaskan. “Apakah karena faktor dia tahu sendiri, hasutan, atau ajakan teman-temannya, nanti itu yang akan dijelaskan dalam penyidikan,” tuturnya.

Apakah Rizal benar terlibat teroris? “Nanti dijelaskan dipenyidikan yang jelas beliau punya itikad baik, keluarga mengharapkan perkara ini selesai,” tandas Sugito.

Inilah.com/isw

lowongan pekerjaan
ADMINISTRASI, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Memaknai Imlek, Memulihkan Bumi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Kamis (15/2/2018). Esai ini karya Hendra Kurniawan, dosen Pendidikan Sejarah di Universitas Sanata Dharma Yogyakarta. Penulis menekuni kajian sejarah Tionghoa. Alamat e-mail penulis adalah hendrayang7@tgmail.com. Solopos.com, SOLO–Syahdan ketika Dinasti Qing runtuh dan mengakhiri sejarah…