Sport
Rabu, 19 Mei 2010 - 19:53 WIB

Landon Donovan, sang kreator serangan AS

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Pemimpin karismatik, kreator serangan andal dan tajam di depan gawang. Perpaduan talenta menawan membuat Landon Donovan bagaikan permata bagi tim Amerika Serikat (AS). Nyaris tak ada pemain yang lebih pantas menyandang ban kapten selain dirinya.

Karier Donovan bersama The Yanks, julukan Amerika Serikat, melesat cepat. Semenjak dinobatkan sebagai pemain terbaik pada Piala Dunia U-17 1999 di Selandia Baru, takdir pemain berusia 28 tahun di Timnas pun bergulir. Partai kontra Meksiko pada 25 November 2000 menandai debut perdananya. Hingga 10 tahun berlalu, sosoknya di lini tengah AS benar-benar tak tergantikan. Donovan sudah mengoleksi 121 <I>caps<I> dan 42 gol. Tak buruk untuk pemain berusia 28 tahun.

Advertisement

Berbekal kontrol prima dan visi superior, pemain Los Angeles Galazy itu mendapat tempat utama di skuat Bruce Arena pada Piala Dunia 2002 ketika masih berusia 20 tahun. Peranan vitalnya diakui sebagai pilar kesuksesan The Yanks menembus babak perempatfinal.

Namun Donovan sempat menjadi sasaran kritik di Piala Dunia 2006, dimana AS gagal lolos dari putaran grup dan gagal memenangi satu pertandingan pun!  Kegagalan pahit tersebut melecut sang gelandang serang. Donovan berhasil bangkit dan akhirnya menasbihkan diri sebagai top scorer sepanjang sejarah tim AS.

Sayang, perjalanan karier profesional Donovan tak semulus di Timas. Digaet Bayer Leverkusen pada 1999, ia gagal menembus skuat reguler dan didepak ke San Jose Earthquakes dengan status pinjaman.

Advertisement

Masa-masa sulit Donovan baru berakhir pada 2003, ketika menerima pinangan LA Galaxy dan langsung dinobatkan sebagai pemain terbaik Major League Soccer (MLS). Kesuksesannya menarik perhatian Leverkusen yang memutuskan memanggilnya kembali. Tetapi Donovan tak bahagia di Jerman sehingga pilih pulang kampung ke Galaxy setahun berselang. Keputusannya ternyata tepat. Pada musim 2005 Galaxy diantarkan menjadi kampiun MLS. Namun, tiga tahun beruntun setelah itu Galaxy selalu gagal melenggang ke babak playoff.

Data diri
TTL    : California, 4 Maret 1982
Tinggi    : 173 cm
Posisi    : Gelandang serang
Klub    : Los Angeles Galaxy (AS)
Caps    : 121
Gol internasional    : 42
Debut Timnas    : AS vs Meksiko (25/10/2000)

yms

Advertisement

Advertisement
Kata Kunci : AS Sepak Bola
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif