Rabu, 19 Mei 2010 11:20 WIB Internasional Share :

Kendaraan lapis baja robohkan barikade demonstran "kaus merah"

Bangkok–Pasukan keamanan Thai melancarkan operasi untuk membubarkan para demonstran ‘kaus merah’ di Bangkok. Dengan mengerahkan beberapa kendaraan lapis baja, pasukan Thai mencoba menerobos barikade yang dipasang para demonstran.

Setelah beberapa kali mencoba, tiga kendaraan lapis baja berhasil merobohkan barikade yang terbuat dari ban-ban dan bambu. Dalam operasi itu, pasukan Thai juga melepas sejumlah tembakan dan gas air mata ke arah demonstran.

Menurut saksi mata, seperti diberitakan kantor berita AFP, Rabu (19/5), setidaknya empat demonstran terluka akibat terkena tembakan. Dengan menggunakan pengeras suara, pasukan Thai juga terus menyerukan para demonstran untuk membubarkan diri.

Sebelumnya seorang senator Thai mengingatkan tentang kemungkinan jatuhnya korban jiwa yang besar menyusul gagalnya upaya perdamaian antara pemerintah dan demonstran.

“Pemerintah telah memilih untuk secara tegas menerapkan hukum. Sinyalnya adalah sudah jelas militer akan menang, namun korban jiwa akan tak terkira,” cetus Jenderal Lertrat Rattanavanich, salah seorang senator yang telah mencoba menjadi penengah antara pemerintah dan massa ‘kaos merah’.

Pemerintah Thai bersikeras menolak bernegosiasi dengan para demonstran selama mereka masih berada di lokasi-lokasi demo. Ribuan demonstran termasuk ratusan wanita dan anak-anak hingga saat ini masih bertahan di lokasi demo.

Mereka telah mengabaikan deadline untuk membubarkan diri yang ditetapkan pemerintah pada Senin, 17 Mei pukul 13.00 waktu setempat. Para demonstran ‘kaos merah’ bertekad akan terus melakukan aksi mereka sampai Perdana Menteri Abhisit Vejjajiva mundur.

dtc/ tiw

Lowongan Pekerjaan
OPERATOR CETAK PT Solo Grafika Utama, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Generasi Milenial dan Politik

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (14/11/2017). Esai ini karya Lukmono Suryo Nagoro, editor buku yang tinggal di Kota Solo. Alamat e-mail penulis adalah lukmono.sn@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Baru-baru ini lembaga think tank yang bermarkas di Tanah Abang, Jakarta, Centre for…