Rabu, 19 Mei 2010 12:02 WIB Tekno Share :

Boleh nih, helm bisa buat nyetrum HP

Kita sering direpotken dengan handphone yang tiba-tiba lowbet gara-gara lupa nyetrum. Padahal lagi asyik-asyiknya ngobrol dengan teman atau pacar. Akibatnya, salah paham atau rasa jengkel yang muncul.

Kondisi inilah yang mengundang dua mahasiswa jurusan Teknik di Universitas Nirma di Ahmedabad, India, untuk mencoba mencari solusinya. Setelah otak-atik, ide dua mahasiswa ini pun muncul.

Ide mereka ternyata cukup cemerlang, bahkan mungkin belum terpikirkan orang lain sebelumnya. Ya, dua mahasiswa ini memilih helm sebagai media yang mampu menghasilkan energi listrik dan bisa mengisi ulang baterai ponsel.

Helm modifikasi ini dilengkapi dengan panel surya dan kipas yang mendapatkan energi listrik dari sinar surya dan angin yang menggerakkan kipas.

Penemu berharap helm buatan mereka bisa dipatenkan dan dimodifikasi sehingga bisa diproduksi massal. Helm ini ditargetkan dijual US$ 22 atau sekitar Rp 200.000. Tapi helm ini SNI (standar nasional Indonesia) nggak, ya?

inilah/rif

lowongan pekerjaan
Hotel Margangsa, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Generasi Milenial dan Politik

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (14/11/2017). Esai ini karya Lukmono Suryo Nagoro, editor buku yang tinggal di Kota Solo. Alamat e-mail penulis adalah lukmono.sn@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Baru-baru ini lembaga think tank yang bermarkas di Tanah Abang, Jakarta, Centre for…