Rabu, 19 Mei 2010 16:09 WIB Ekonomi Share :

Bawang putih China beredar, harga bawang lokal anjlok


Solo (Espos)-
-Harga bawang putih di pasar tradisional Kota Solo anjlok hingga mencapai Rp 5.000 per kilogram (kg). Anjloknya harga bawang putih tersebut lantaran pasokan yang melimpah.

Salah satu pedagang bawang di Pasar Legi, Sri Marwanti, 30, menngatakan harga bawang putih dalam sepekan terakhir ini terus mengalami penurunan dari kisaran harga Rp 18.000 per kilogram menjadi Rp 13.000 atau Rp 14.000 per kilogram.

“Bawang putih yang kebanyakan adalah produk impor ini semakin berlimpah, sehingga harga bawang putih ini terus mengalami penurunan,” tutur Sri, saat ditemui wartawan di Pasar Legi, Rabu (19/5).

Senada disampaikan pedagang bawang putih lainnya di Pasar Legi, Adi Purnomo, 40. Dampak penumpukan bawang putih beberapa waktu lalu sehingga saat ini pasokan berlimpah membuat harga bawang putih anjlok.

Disampaikan Kasi Perdagangan Dalam Negeri Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Solo, Corina EP, turunnya harga bawang putih disebabkan karena bawang putih impor yang kebanyakan dari China sudah mulai membanjiri pasar. Dari pantauan Disperindag sendiri, harga bawang putih terus turun dari harga Rp 20.000 per kilogram menjadi Rp 15.000 per kilogram.

haw

Loading...

Kolom

GAGASAN
Karanganyar Makin Beradab

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (18/11/2017). Esai ini karya Imam Subkhan, Ketua RT 001/RW 019, Jaten, Karanganyar. Alamat e-mail penulis adalah imamsubkhan77@gmail.com.   Solopos.com, SOLO–Sepulang sekolah, anak mbarep saya, Nadhifa, yang sekarang duduk di kelas IV sekolah dasar di…