Rabu, 19 Mei 2010 - 22:39 WIB

334 Kader Pokja akan lakukan survei PHBS

Redaksi Solopos.com  /  Tutut Indrawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Sukoharjo (Espos)–Sedikitnya 334 kader kelompok kerja (Pokja) desa sehat atau forum kesehatan desa (FKD) bakal diterjunkan untuk melakukan pendataan survei perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) di seluruh desa/kelurahan Sukoharjo.

Hingga kini, Dinas Kesehatan Sukoharjo masih terus menggalakkan penyuluhan secara langsung mengenai PHBS kepada para kader FKD. Kasi Promosi Kesehatan DKK Sukoharjo, Tri Tuti Rahayu mengatakan selain melakukan pendataan survei PHBS, para kader FKD juga diharapan mampu menggerakkan masyarakat untuk sadar PHBS.

Advertisement

“Seluruh kader FKD sudah kami latih dan diberi penyuluhan. Setelah ini mereka akan kami terjunkan ke lapangan untuk pendataan survei, kemungkinan jumlah kader FKD yang akan kami terjunkan bisa lebih dari 334,” ujarnya kepada Espos, Rabu (19/5) di gedung wanita Sukoharjo.

Dia mengatakan, hasil survei PHBS yang didapat nantinya akan dijadikan bahan pertimbangan guna mendukung percepatan pencapaian rumah tangga sehat serta melihat strata rumah tangga sehat. Penyuluhan yang diberikan kepada FKD meliputi materi desa siaga sehat, survei PHBS, program PHBS di tataran RT hingga tes.

Dia menambahkan, selain intensif menyuluh kader FKD, untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dan program PHBS, saat ini pihaknya juga telah memaksimalkan keberadaan poliklinik kesehatan desa (PKD) yang ada di masing-masing desa.

Advertisement

ufi

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : PHBS
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif