Selasa, 18 Mei 2010 20:27 WIB Negara Share :

Yunani, menunggu keajaiban tangan dingin King Otto

Berangkat dari tim gurem berubah menjadi tim Juara Eropa (UEFA EURO) 2004, Yunani menjadi salah satu tim Eropa yang diperhitungkan. Kini di tangan racikan pelatih Otto Rehhagel, Yunani kembali menemukan ritmenya dan berhasil menembus kualifikasi Piala Dunai 2010.

Kesuksesan Yunani menuju Afrika Selatan dilalui dengan manis. Tampil menjadi yang terbaik saat melawan tim lemah Luxembourg, Latvia dan Moldova. Selama itu, tim Negeri Para Dewa itu berhasil melesakkan delapan gol namun tetap cemerlang menjaga gawang mereka tetap perawan.

Juara Eropa 2004 itu mengalami kekalahan pertama mereka saat ditantang Swiss. Meski bermain dihadapan public sendiri, Yunani justru kalah 1-2 atas rival utamanya yang juga lolos ke putaran final PD 2010. Bermodal empat poin saat dua kali menghadapi Israel, imbang 1-1 dan menang 2-1, Yunani berhasil membalaskan kekalahannya atas Swiss di putaran kedua. Negeri “jam tangan” itu dipaksa menyerah dua gol tanpa balas oleh Yunani di kandang mereka sendiri.

Pengundian play-off zona Eropa menempatkan Georgios Karagounis cs berhadapan dengan Ukraina, lawan yang pernah mencuri empat poin dari Yunani di grup dua fase kualifikasi PD 2006 di Jerman. Kali ini setelah berhasil menahan imbang di Athena, Yunani justru berhasil membungkam Ukraina 1-0 di kandang lawan, Donetsk. Satu-satunya gol dicetak Dimitrios Salpingdings.

Nyaris tak ada wajah baru yang menghiasi skuad asuhan “King Otto”, sebutan Otto Rehhagel. Pemain bertahan veteran, Sotirios Kyrgiakos menjadi pemimpin diantara pemain lain. Kyrgiakos menjadi pemain yang paling berpengalaman bersama Timnas Yunani. Nama lain yang dipanggil Otto antara lain Theoganis Gekas, pencetak gol terbanyak di kualifikasi zona Eropa dengan torehan 10 gol, dan pencetak gol kemenangan Yunani di Fina Euro 2004, Angelos Charisteas.

PD 2010 akan menjadi yang pengalaman pertama bagi Otto dan menjadi pelatih tertua yang tampil. Dengan sederet prestasi kala ia berkarir di kampung halaman, pelatih asal Jerman ini layak mendapatkan pengakuan atas perjuangannya bersama Timnas Yunani sejak ia ambil alih di tahun 2001. Catatan prestasi Yunani terbaik salah satunya adalah di PD 1994 di AS. Kala Yunani sukses membenamkan Argentina (4-0), Bulgaria (4-0), Nigeria (2-0).

Fakta negara
Nama    :  Republik Hellinik (Illiniki Dimokratia)
Pemerintahan    : Republik
Kemerdekaan    : 25 Maret 1821
Luas Wilayah    : 131.940 km2
Jumlah Penduduk    : 10.539.771 (perkiraan 2006)
Mata Uang    :  Euro

FEDERASI SEPAK BOLA
Nama    : Federasi Sepakbola Yunani
Didirikan    : 1926
Masuk FIFA    : 1927
Masuk UEFA    : 1954
Situs Resmi    : www.epo.gr
Ranking FIFA    : 11
Gelar juara    : Juara Eropa 2004

dAFTAR PEMAIN

Kiper
Konstantinos Chalkias
Michail Sifakis
Alexandros Tzorvas

Belakang
Giourkas Seitaridis
Nikos Spiropoulpos
Vasileios Torosidis
Georgios Tzavelas
Georgios Galitsios
Sotirios Kyrgiakos
Stelios Malezas
Konstantinos Manolas
Stergos Marinos
Vagelis Moras
Avraam Papadopoulos
Sokratis Papastathopoulos
Loukas Vyntra

Tengah
Georgios Karagounis
Konstantinos Katsouranis
Evripidis Makos    Sotiris Ninis
Christos Patsatzoglou
Athanasios Prittas
Alexandros Tziolis

Depan
Angelos Charisteas
Lazaros Christodoulopoulo
Theofanis Gekas    Pantelis Kapetanos
Konstantinos Mitroglou
Dimitrios Salpingidis
Georgios Samaras

JIBI/SOLOPOS/kha

lowongan pekerjaan
garment, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Generasi Milenial dan Politik

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (14/11/2017). Esai ini karya Lukmono Suryo Nagoro, editor buku yang tinggal di Kota Solo. Alamat e-mail penulis adalah lukmono.sn@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Baru-baru ini lembaga think tank yang bermarkas di Tanah Abang, Jakarta, Centre for…