Selasa, 18 Mei 2010 15:48 WIB Internasional Share :

Kekayaan Obama meningkat tajam

Jakarta–Sejak menjadi presiden Amerika Serikat (AS), Januari 2009, pundi-pundi kekayaan Barack Obama kian bertambah. Tapi bukan hasil korupsi, melainkan murni dari gaji, investasi, dan royalti sejumlah buku yang dia tulis.

Demikian hasil tim audit yang diumumkan kantor kepresidenan AS, Gedung Putih, Senin 17 Mei 2010. Gaji Obama sebagai presiden sebesar US$400.000 (sekitar Rp 3,6 miliar) per tahun.

Selain itu, Obama juga menangguk pendapatan sebagai penulis dua buku, yaitu “Dreams From My Father” dan “Audacity of Hope.” Royalti masing-masing buku itu mendatangkan pendapatan sebesar US$1 juta dan US$5 juta. Kedua buku yang sudah dialihbahasakan ke Bahasa Indonesia itu ternyata masih laku keras walau masing-masing sudah diterbitkan cukup lama.

Obama juga berinvestasi obligasi Departemen Keuangan dan memiliki tabungan pendidikan untuk kedua putrinya. Bila digabung dengan investasi milik istrinya, Michelle, aset-aset itu pada 2009 bernilai total sekitar US$2,2 juta dan US$7,5 juta.

Obama juga mendapat hadiah sebagai pemenang Nobel Perdamaian 2009, yaitu berupa uang senilai US$1,4 juta. Uang hadiah Nobell itu telah disumbangkan Obama ke yayasan amal.

Presiden yang pernah menghabiskan masa kecilnya di Indonesia itu juga mendapat warisan dari neneknya, Madelyn Dunham, yang wafat jelang pemilihan umum November 2008. Warisan pertama adalah penjualan dana perwalian bebas pajak senilai kurang dari US$1.000, sedangkan warisan kedua adalah saham Bank of Hawaii, yang bernilai antara US$250.000 hingga US$500.000. Berdasarkan laporan pajak Obama, yang diungkapkan awal tahun ini, dia menanggung kerugian dari investasi saham itu.

Obama dinyatakan tidak punya utang. Michelle pun memiliki sejumlah aset pribadi, diantaranya dana pensiun dan gaji sebagai eksekutif di University of Chicago Hospital, yang dia tanggalkan begitu berstatus sebagai Ibu Negara.

Selain gaji, royalti, dan obligasi, Obama pun punya aset lain. Dia adalah aset hidup berupa seekor anjing pemberian mendiang senator Ted Kennedy senilai US$1.600. (Associated Press)

vivanews/isw

lowongan pekerjaan
sales, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Generasi Milenial dan Politik

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (14/11/2017). Esai ini karya Lukmono Suryo Nagoro, editor buku yang tinggal di Kota Solo. Alamat e-mail penulis adalah lukmono.sn@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Baru-baru ini lembaga think tank yang bermarkas di Tanah Abang, Jakarta, Centre for…