Selasa, 18 Mei 2010 17:52 WIB Internasional Share :

Bocah Inggris punya 4 ginjal

London–Ajaib! Seorang bocah perempuan Inggris yang telah didiagnosa mengalami sakit ginjal membuat para dokter terkagum-kagum. Sebab saat akan dilakukan operasi, para dokter malah menemukan bahwa anak berumur 8 tahun itu memiliki empat ginjal, dua di antaranya merupakan ginjal baru.

Angel Burton tadinya mengalami infeksi serius yang mengancam akan merusak ginjalnya. Namun ketika akan dioperasi, Angel ternyata memiliki kondisi yang sangat langka di dunia yang dinamakan duplex kidneys.

Pada kasus Angel, dua ginjalnya mengalami duplikasi dan melebur satu sama lain. Namun, setiap ginjal ini memiliki ureter atau saluran yang terpisah sehingga Angel memiliki empat ginjal dan empat ureter. Para dokter yakin bila pada pemeriksaan terdahulu ginjal tambahan ini tidak terdeteksi karena posisinya tepat di atas ginjal lama.

Dua ginjal baru Angel tersebut bekerja secara normal sehingga menyembuhkan masalah sakit ginjalnya.

“Ini benar-benar mengagumkan,” kata ibu Angel, Claire Burton (32) seperti dilansir media Inggris, The Sun, Selasa (18/5).

Sejak bayi, Angel telah menderita masalah ginjal. Hasil pemeriksaan, dokter mendiagnosa adanya bilateral reflux: katup pada kandung kemihnya tidak dapat berfungsi normal. Urine akan mengalir ke ginjal dan mengakibatkan infeksi.

Pada usia 5 tahun, para dokter memberitahu kalau kedua ginjal Angel telah rusak. “Mereka (dokter) bilang pada kami bahwa ginjal-ginjalnya rusak permanen,” tutur Claire.

Angel pun harus menjalani menjalani operasi di Rumah Sakit Anak Sheffield pada Oktober 2007 untuk memasang katup buatan. Saat itulah dua ginjal baru yang sebelumnya tidak terdeteksi itu ditemukan. Dan ginjal-ginjal tersebut berfungsi dengan baik hingga sekarang. Kini Angel telah pulih dan hidup sehat.

dtc/isw

Loading...

Kolom

GAGASAN
Karanganyar Makin Beradab

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (18/11/2017). Esai ini karya Imam Subkhan, Ketua RT 001/RW 019, Jaten, Karanganyar. Alamat e-mail penulis adalah imamsubkhan77@gmail.com.   Solopos.com, SOLO–Sepulang sekolah, anak mbarep saya, Nadhifa, yang sekarang duduk di kelas IV sekolah dasar di…