Senin, 17 Mei 2010 16:15 WIB Sport Share :

Sepatu Emas dan rekor klub

Barcelona-Fantastis! Lionel Messi memang pantas merebut gelar bergensi European Golden Shoe alias Sepatu Emas Eropa. Kualitas mumpuni talenta Barcelona asal Argentina itu dapat ditengok dari performa mengesankan dan konsisten sang messiah musim ini.

Gambaran seorang juara sejati dibuktikan Messi ketika menyumbangkan dua gol kemenangan 4-0 Barcelona atas Real Valladolid 4-0, Senin (17/5) dini hari WIB. Kemenangan yang membuat Barca tetap menjadi raja La Liga.

Dua gol tersebut sangat spesial. Bukan hanya mengunci trofi kolektif tim, tetapi juga menambah koleksi gelar individu sang bintang. Ya, dengan koleksi 34 gol di kancah liga domestik, Messi menasbihkan diri sebagai gelandang tersubur di Benua Biru.

Dalam rangking yang dirils eurotopfoot.com, pemain berpostur mungil itu mencatat 68 poin, unggul 10 poin atas rival terdekatnya, Didier Drogba (Chelsea) dan Antonio Di Natale (Udinese). Kedua striker tersebut sama-sama mendulang 29 gol.

Messi juga menyamai rekor klub milik bomber asal Brazil Ronaldo, yaitu mendulang 47 gol di semua ajang kompetisi dalam semusim. Rekor tersebut ditorehkan Ronaldo pada musim 1996/97, dimana saat itu ia juga meraih Golden Shoe.

Tiga pemain Barca lainnya yang berhasil menyumbangkan lebih dari 30 gol adalah Mariano Martin, Romario dan Samuel Eto’o.
“Messi adalah pemain terbaik yang pernah saya lihat. Tidak ada keraguan sedikitpun. Selain seorang juara sejati, dia juga punya ambisi luar biasa. Ketika sudah unggul 3-0 dan liga sudah di kantong, ia tetap bertarung keras seperti para pemain lain. Dia sulit disamai,” puji pelatih Barca, Josep “Pep” Guardiola.

Musim lalu gelar el pichichi atau pencetak gol gol terbanyak La Liga direbut Diego Forlan (Atletico) dengan 32 gol. Namun musim ini memang tak ada yang lebih layak memenanginya ketimbang Messi.

yms/Rtr

Lowongan Pekerjaan
OPERATOR CETAK PT Solo Grafika Utama, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Generasi Milenial dan Politik

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (14/11/2017). Esai ini karya Lukmono Suryo Nagoro, editor buku yang tinggal di Kota Solo. Alamat e-mail penulis adalah lukmono.sn@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Baru-baru ini lembaga think tank yang bermarkas di Tanah Abang, Jakarta, Centre for…