Senin, 17 Mei 2010 09:38 WIB News Share :

DPR cari kontraktor untuk gedung baru

Jakarta–Rencana pembangunan gedung baru DPR senilai Rp 1,8 triliun tak terhenti oleh kritik pedas dari masyarakat. DPR segera mencari kontraktor untuk membangun gedung baru dalam beberapa bulan ke depan.

Ketua Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR yang juga Ketua DPR, Marzuki Alie,  Senin (17/5) mengatakan DPR akan membuka pendaftaran bagi kontraktor pada Juli hingga September mendatang.

“Rencananya grand design sendiri baru selesai pada bulan Juni nanti. Sedangkan pada Juli-September, DPR akan membuka pendaftaran bagi kontraktor, September kita memutuskan pemenang dan sudah bisa tandatangan kontrak dengan kontraktor,” katanya.

Marzuki menjelaskan, belum ada angka pasti untuk pembangunan gedung baru DPR. Namun demikian, menurut Marzuki, anggaran awal sebesar Rp 250 miliar yang sudah disahkan dalam APBN-P 2010 dapat segera digunakan untuk memulai membangun.

“Jadi kalau disetujui paling tidak ada biaya untuk membiayai pembuatan block dan grand design dan juga ada anggaran untuk memulai pembangunan,” terang Marzuki.

Kalaupun anggaran pembangunan mencapai Rp 1,8 triliun seperti dianggarkan oleh DPR periode lalu, Marzuki menilai tidak masalah. Marzuki menilai manfaat yang diperoleh jauh lebih besar. “Anggaran pembangunan gedung Rp 1,8 triliun itu relatif kecil, jika DPR dalam melakukan tugas-tugas pengawasan, anggaran dan legislasi bisa maksimal,” papar Marzuki.

Apalagi, Marzuki menambahkan, gedung Nusantara I DPR tempat anggota DPR berkantor, sudah kelebihan kapasitas. Apalagi kalau DPR jadi menambah jumlah staff ahli menjadi empat orang. “Kapasitasnya yang hanya untuk 800 orang dan saat ini sudah dihuni oleh 2.500 orang. Jadi bagaimana kita mau menambah tiga orang staf lagi dengan kondisi seperti sekarang?” tutupnya.

dtc/ tiw

lowongan pekerjaan
Juara Karakter Indonesia, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Karanganyar Makin Beradab

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (18/11/2017). Esai ini karya Imam Subkhan, Ketua RT 001/RW 019, Jaten, Karanganyar. Alamat e-mail penulis adalah imamsubkhan77@gmail.com.   Solopos.com, SOLO–Sepulang sekolah, anak mbarep saya, Nadhifa, yang sekarang duduk di kelas IV sekolah dasar di…