Sabtu, 15 Mei 2010 13:35 WIB News Share :

Ketua DPR setuju KPK miliki penyidik independen

Jakarta–Ketua DPR, Marzuki Alie menilai semua lembaga penegak hukum harus punya independensi. Marzuki setuju KPK memiliki penyidik independen untuk memastikan independensi KPK mengusut kasus korupsi.

“Bagus, semua lembaga penegak hukum harus independen,” kata Marzuki, Sabtu (15/5). Marzuki menyampaikan, KPK sebagai lembaga independen harus kerja keras mengungkap kasus korupsi yang menjadi penyakit di Indonesia.

Oleh karena itu, Marzuki menghimbau agar KPK tetap independen. “Harus lepas dari pengaruh politik, eksekutif dan sebagainya,” terang Marzuki.

Sebelumnya diberitakan anggota Komisi III dari FPD, Peter C Zulkiefli mendukung wacana penyidik independen untuk KPK. Peter berharap KPK makin kuat dalam mengungkap kasus korupsi.

Senada dengan Peter, anggota DPR dari FPKS Mahfud Siddik juga meminta DPR merefisi UU agar KPK memiliki penyidik independen. Independensi penyidik KPK diharapkan semakin mempertajam penyidikan KPK tanpa mengenal konflik kepentingan.

Wakil Ketua MPR, Lukman Hakim Saifuddin juga mendesak agar DPR segera merevisi UU dan memberi penyidik independen untuk KPK.

dtc/ tiw

lowongan pekerjaan
PT. TUMBAKMAS NIAGASAKTI, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Sapa Salah Seleh

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (17/11/2017). Esai ini karya Tito Setyo Budi, esais, sastrawan, dan budayawan yang tinggal di Sragen. Alamat e-mail penulis adalah titoesbudi@yahoo.com Solopos.com, SOLO–Ada pepatah tua dalam khazanah budaya Jawa, yaitu sapa salah seleh. Artinya,…