Sport
Jumat, 14 Mei 2010 - 16:19 WIB

Simon kalah, Jepang curi satu poin

Redaksi Solopos.com  /  Arif Fajar Setiadi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Kuala Lumpur – Jepang berhasil mencuri satu poin dari Indonesia pada laga semifinal Piala Thomas. Skor berubah menjadi 2-1 setelah Simon Santoso kalah atas Sasaki So dalam pertarungan tiga set, Jumat (14/5).

Turun di nomor ketiga dan berpeluang memastikan tiket Indonesia ke final, Simon dipaksa menjalani perlawanan sengit dari Sasaki So. Setelah bertarung lebih dari satu jam, Simon dipaksa mengakui keunggulan lawannya dengan 19-21, 21-13 dan 11-21.

Advertisement

Kekalahan Simon membuat skor berubah menjadi 2-1 masih untuk keunggulan Indonesia. Dua poin pertama pasukan Merah Putih datang dari Taufik Hidayat dan pasangan Markis Kido/Hendra Setiawan.

Turun di nomor ketiga, Simon bisa langsung membuka keuunggulan Sasaki So dengan skor 5-2 di set awal. Namun perlawanan sengit yang diberikan pebulutangkis Jepang nomor 40 dunia itu membuat Simon cukup kerepotan dan bisa balik memimpin 11-8.

Usai rehat, Simon bisa menyamakan kedudukan di angka 12-12. Namun lagi-lagi pebulutangkis kelahiran Tegal, 24 tahun lalu itu dibuat kerepotan dan kembali tertinggal 16-13. Simon akhirnya tak pernah bisa menyusul poin Sasaki dan akhirnya menyerah 19-21.

Advertisement

Memasuki set kedua, Simon tampil lebih taktis dan lebih agresif. Dengan cepat dia berhasil meninggalkan lawannya dengan jarak yang lebar 11-4.

Namun beberapa kesalahan yang dibuat Simon plus Sasaki yang tak menyerah mengejar bola ke setiap sisi lapangan membuat pebulutangkis Jepang itu bisa merapatkan jarak ke angka 14-12.

Selanjutnya Simon ternyata mampu mengunci perolehan poin lawannya. Dia merebut set kedua ini dengan kemenangan 21-13. Hasil ini membuat kedudukan sama kuat 1-1.

Advertisement

Di set penentuan Simon kembali mampu lebih dulu unggul 7-3. Namun performa tak stabil runner up Indonesia Super Series 2008 itu membuat poinnya bisa disusul lawannya di posisi 11-8.

Setelah berpindah lapangan, performa Simon menurun drastis. Bola yang sering out dan pukulan yang kerap tanggung dan menyangkut di net membuat dia tertinggal cepat 8-15.

Upaya Simon merapatkan jarak dan menyusul perolehan poinnya akhirnya tak berhasil. Dia kembali harus menelan kekalahan di set ketiga dengan 11-21.

dtc/rif

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif