Teknologi
Jumat, 14 Mei 2010 - 11:39 WIB

Shock breaker hasilkan energi listrik

Redaksi Solopos.com  /  Arif Fajar Setiadi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Shock absorber atau shock breaker ternyata juga bisa menghasilkan energi listrik. Buktinya, Genshock menjadi satu-satunya shock breaker yang mampu menghasilkan energi listrik dengan teknologi kinetiknya.

Levant Power, perusahaan yang berbasis di Cambridge, Inggris, adalah perusahaan yang berhasil membuat sebuah Genshock yang bisa menghasilkan energi listrik melalui teknologi kinetik yang diterapkan di dalamnya.

Advertisement

Dari luar, shock breaker ini tidak berbeda dengan shock breaker biasa kecuali adanya kabel yang nantinya disambungkan ke baterai untuk menampung energi listrik yang dihasilkan.

Selain menghasilkan energi listrik, shock breaker ini juga mampu meningkatkan kestabilan dan kenyamanan dalam berkendara serta bisa menghemat bensin sekitar 1,5%–6%.

Tentu saja tidak bisa berharap banyak bahwa energi listrik yang dihasilkan bisa besar tetapi dengan kontinuitas pergerakkan maka baterai bisa terus terisi.

Advertisement

Shock breaker ini sudah dites di mobil militer jenis Humvee dan cukup berhasil dan katanya dulu sebenarnya juga sudah ada tetapi tidak berkembang karena terlalu mahal, yang mereka buat ini katanya cukup murah sehingga hanya butuh waktu 18 bulan untuk balik modal.

inilah/rif

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif