Jumat, 14 Mei 2010 11:39 WIB Tekno Share :

Shock breaker hasilkan energi listrik

Shock absorber atau shock breaker ternyata juga bisa menghasilkan energi listrik. Buktinya, Genshock menjadi satu-satunya shock breaker yang mampu menghasilkan energi listrik dengan teknologi kinetiknya.

Levant Power, perusahaan yang berbasis di Cambridge, Inggris, adalah perusahaan yang berhasil membuat sebuah Genshock yang bisa menghasilkan energi listrik melalui teknologi kinetik yang diterapkan di dalamnya.

Dari luar, shock breaker ini tidak berbeda dengan shock breaker biasa kecuali adanya kabel yang nantinya disambungkan ke baterai untuk menampung energi listrik yang dihasilkan.

Selain menghasilkan energi listrik, shock breaker ini juga mampu meningkatkan kestabilan dan kenyamanan dalam berkendara serta bisa menghemat bensin sekitar 1,5%–6%.

Tentu saja tidak bisa berharap banyak bahwa energi listrik yang dihasilkan bisa besar tetapi dengan kontinuitas pergerakkan maka baterai bisa terus terisi.

Shock breaker ini sudah dites di mobil militer jenis Humvee dan cukup berhasil dan katanya dulu sebenarnya juga sudah ada tetapi tidak berkembang karena terlalu mahal, yang mereka buat ini katanya cukup murah sehingga hanya butuh waktu 18 bulan untuk balik modal.

inilah/rif

lowongan pekerjaan
induktorindo, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Generasi Milenial dan Politik

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (14/11/2017). Esai ini karya Lukmono Suryo Nagoro, editor buku yang tinggal di Kota Solo. Alamat e-mail penulis adalah lukmono.sn@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Baru-baru ini lembaga think tank yang bermarkas di Tanah Abang, Jakarta, Centre for…