Soloraya
Jumat, 14 Mei 2010 - 17:02 WIB

KPU mulai siapkan logistik Pilkada

Redaksi Solopos.com  /  Tutut Indrawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Sukoharjo (Espos)–Komisi Pemilihan Umum (KPU) mulai mempersiapkan logistik untuk pemilihan umum kepala daerah (Pilkada) yang akan digelar 3 Juni mendatang.

Saat ini, Ketua KPU, Kuswanto menjelaskan untuk kartu pemilih sudah dicetak semua. “Kalau untuk kartu pemilih sekarang ini sudah dicetak semua. Bahkan kartu-kartu itu juga sudah kami terima,” jelasnya ketika dijumpai wartawan belum lama ini.

Advertisement

Kartu pemilih, dijelaskan Kuswanto, nantinya akan digunakan warga sebagai dasar berkunjung ke tempat pemungutan suara (TPS). Dengan membawa kartu itu, warga selanjutnya bisa menggunakan haknya untuk memilih pasangan calon tertentu yang akan memimpin Kota Makmur ke depan.

Meski kartu pemilih sudah diterima KPU, Kuswanto menambahkan, saat ini pihaknya belum mendistribusikan kartu-kartu itu kepada warga. “Belum kami distribusikan. Sebab kalau menurut jadwal yang sudah ada, harusnya pendistribusian itu dilakukan H-3 sebelum Pilkada dilaksanakan,” jelasnya.

Masih mengenai logistik Pilkada, Kuswanto menjelaskan, saat ini untuk surat suara masih dalam proses akan cetak. “Sebelum ini kan pemenang lelang pencetakan surat suara baru ditentukan. Untuk pemenang lelang surat suara adalah  PT Nyata Grafika. Nah sesudah pengundian nomor urut ini, kami langsung mengirim gambar untuk segera dicetak,” jelasnya.

Advertisement

Kuswanto berharap, semua logistik Pilkada sudah siap sesuai jadwal yang sudah direncakan. Logistik itu termasuk pula kotak suara yang menurutnya menggunakan stok lama.

“Kalau untuk kotak suara, kami memang tidak menganggarkan pembuatan kotak baru. Dengan anggaran yang terbatas kami menggunakan stok kotak lama yaitu kotak Pemilu yang digunakan di 2009 lalu,” jelasnya.

Disinggung apakah tidak riskan menggunakan kotak suara lama karena dikhawatirkan ada yang rusak, Kuswanto membantahnya. “Kalau rusak ya memang ada yang rusak. Tapi sedapat mungkin kami lakukan perbaikan kepada kotak suara yang sekarang ini sehingga ketika Pilkada digelar, kotak-kotak itu sudah bisa digunakan,” tandasnya.

Advertisement

aps

Advertisement
Kata Kunci : Pilkada
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif