News
Kamis, 13 Mei 2010 - 16:27 WIB

Polri segera seleksi pengganti empat penyidik

Redaksi Solopos.com  /  Tutut Indrawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta–Polri tidak asal kirim personel ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk mengganti empat penyidiknya yang ditarik. Polri akan menerapkan seleksi bagi penyidik yang akan dikirim ke KPK.

Hal tersebut ditegaskan Wakadiv Humas Mabes Polri Zainuri Lubis dalam jumpa pers di Mabes Polri, Jl Trunojoyo, Jakarta Selatan, Kamis (13/5).

Advertisement

“Nanti, ketika ditarik, akan kita ganti dengan empat orang lainnya dengan pangkat dan kemampuan yang sama. Tentunya kita akan ada seleksi lebih dulu,” ujarnya.

Menurut Zainuri, seleksi itu diperlukan, karena seorang penyidik KPK memerlukan kualitas khusus. Setidaknya penyidik yang bersangkutan harus benar-benar menguasai KUHP, KUAHP, serta UU No 31/1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme.

“Assesment itu akan segera kita lakukan,” tandasnya.

Advertisement

Mengenai kabar yang beredar bahwa empat penyidik itu baru setengah periode dalam menjalankan tugasnya, Zainuri mengatakan tidak masalah.

Ia juga meminta agar masyarakat tidak mempermasalahkan tugas penyelidikan kasus Bank Century yang sedang dilakukan penyidik tersebut.

“Kan ada kuota (anggota Polri) 30 persen (di KPK). Apakah hanya empat orang itu yang mampu? Masih ada polisi lainnya yang lebih hebat dari empat orang itu. Jadi kenapa dipermasalahkan?” pungkasnya.

Advertisement

dtc/ tiw

Advertisement
Kata Kunci : Empat Penyidik Polri KPK
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif