Kamis, 13 Mei 2010 19:28 WIB Sport Share :

Kalah 0-3, Indonesia gagal ke final

Kuala Lumpur--Adrianti Firdasasri gagal memperpanjang napas Indonesia. Kalah dua set langsung, Srikandi Merah Putih pun menyerah 0-3 atas China dan merelakan tiket final diambil sang juara bertahan.

Turun di nomor ketiga dalam posisi Indonesia tertinggal 0-2, Firdasari tampil ngotot untuk setidaknya mencuri poin dan memperpanjang asa tim Piala Uber Indonesia. Namun sama seperti rekan-rekannya yang lain, dia akhirnya harus menyerah dua set langsung 17-21 dan 15-21.

Seperti dilaporkan wartawan detiksport langsung dari Putra Stadium, Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Kamis (13/5) sore WIB, Firdasari mencoba tampil agresif dan mampu memberi perlawanan di set awal.

Bola-bola silang dropshot andalan Wang Xin dihadapi Firdasari dengan penampilan ngototnya. Kondisi tersebut membuat menit-menit awal set pertama berjalan sengit. Hingga sama kuat di posisi 12-12, keduanya kedua pebulutangkis tercatat berulang kali saling susul poin.

Setelah kembali sama kuat 13-13, Firdasari, peringkat 24 dunia, sempat kembali memimpin 16-13. Namun Wang Xin, yang duduk di posisi dua dunia, berhasil mengejar ketinggalannya menjadi 17-17.

Firdasari akhirnya harus melepaskan set pertama ini dalam posisi 17-21.

Pada set kedua, pukulan-pukulan menyilang kembali jadi andalan Wang Xin untuk meraih poin. Strategi tersebut berhasil dengan baik karena dia sempat leading 8-5, meski kemudian bisa disamakan 9-9.

Namun setelah poin 9-9 tersebut, Firdasari mulai tercecer karena dia kemudian tertinggal 14-10. Usaha Firdasari mengejar ketinggalan sempat memunculkan harapan saat dia bisa merapat di posisi 14-15.

Upaya Firdasari untuk mengejar poin lawannya akhirnya tak pernah membuahkan hasil. Di set kedua ini dia menyerah 15-21.

Kekalahan Firdasari membuat Indonesia kalah telak 0-3 atas China. Sebelumnya, Maria Febe yang turun sebagai tunggal pertama kalah dua set langsung atas Wang Yihan dengan 7-21 dan 12-21. Sementara Greysia Polii/Meiliana Jauhari takluk 17-21 dan 13-21 dari Ma Jin/Wang Xiaoli.

Dapat tiketb ke final, China akan menghadapi Korea Selatan yang pada laga sebelumnya berhasil menundukkan Jepang dengan 3-1.

dtc/tya

Kolom

GAGASAN
Kids Zaman Now Membaca Media Cetak?

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (12/2/2018) dan Harian Bisnis Indonesia edisi Sabtu (10/2/2018). Esai ini karya Lahyanto Nadie, pengampu Manajemen Media Massa di Kwik Kian Gie School of Business dan pengurus Yayasan Lembaga Pers dr. Soetomo Jakarta. Solopos.com,…