Kamis, 13 Mei 2010 20:10 WIB Solo Share :

Dana pembangunan kantor KPU dikhawatirkan hangus

Solo (Espos)--Anggaran pembangunan kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Solo senilai Rp 1,6 miliar dikhawatirkan akan hangus jika belum ada kepastian hibah dari Pemkot Solo, bulan Mei ini.

Rencananya, Jumat (14/5) ini, KPU akan menemui Sekda Solo Budi Suharto membahas mengenai masalah itu. Ketua KPU Solo Didik Wahyudiono mengatakan, pihak anggaran dari pusat untuk pembangunan kantor KPU Solo senilai Rp 1,6 miliar hanya bisa digunakan untuk membangun gedung baru, bukan melakukan renovasi.

“Kami sudah koordinasi dengan Sekretariat Jenderal (Setjen) KPU pusat mengenai masalah ini. Diharapkan bulan ini ada kepastian soal hibah itu. Ini karena terkait dengan proses selanjutnya seperti lelang dan lainnya. Kalau belum ada kejelasan bulan ini ya kami belum tahu seperti apa lanjutannya karena anggaran itu masuk tahun 2010,” kata Didik saat dihubungi Espos, Kamis (13/5).

Dia menyatakan, untuk pembangunan gedung memang harus ada hibah dari Pemkot Solo. Namun, sejauh ini, Pemkot menawarkan sistem pinjam pakai besa panti Dinas Sosial (Dinsos) di Komplang, Banjarsari.

Didik mengatakan, dana untuk pembangunan tidak bisa cair jika modelnya sistem pinjam pakai. Selain itu, jika KPU menempati bekas panti Dinsos itu dan kondisi gedungnya tidak terawat, KPU tidak memiliki anggaran untuk renovasi atau perbaikan.

dni

Kolom

GAGASAN
Kids Zaman Now Membaca Media Cetak?

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (12/2/2018) dan Harian Bisnis Indonesia edisi Sabtu (10/2/2018). Esai ini karya Lahyanto Nadie, pengampu Manajemen Media Massa di Kwik Kian Gie School of Business dan pengurus Yayasan Lembaga Pers dr. Soetomo Jakarta. Solopos.com,…