Kamis, 13 Mei 2010 16:50 WIB Kesehatan Share :

Beri nutrisi untuk kulit

Jakarta–Pola makan yang sehat akan berpengaruh positif bagi kulit kita. Selain itu, kita juga perlu menghentikan kebiasaan yang tidak baik, seperti merokok atau mengonsumsi minuman beralkohol.

Inilah saran sehat dari Dr.Hanny Nilasari, Sp.KK, dokter spesialis kulit dari RSCM Jakarta seperti yang dilansir kompas.com, Kamis (13/5):

– Minum air putih yang cukup
Air bisa membersihkan racun dan sisa kotoran dari dalam organ tubuh lewat keringat atau buang air kecil. Kita juga butuh air untuk mengangkut nutrisi sampai ke sel-sel kulit sekaligus melembabkan kulit. Persediaan air dalam tubuh yang terpakai harus kita ganti setiap harinya melalui asupan makanan dan minuman.

Umumnya, kita perlu air sekitar 1,5 litar atau delapan gelas air setiap hari, baik melalui makanan dan minuman. The Institute of Medicine menganjurkan pria minum tiga liter air dan wanita minum 2,2 liter air dari total air yang masuk ke dalam tubuh setiap harinya.

– Biasakan pola makan sehat
Buah, sayur, ikan dan kacang-kacangan adalah sumber nutrisi yang baik bagi kulit karena membantu proses pembentukan jaringan kulit yang baru. Mayo Clinic juga menegaskan anggapan kacang dapat memicu timbulnya jerawat hanyalah mitos. Jadi, tak perlu khawatir setelah mengonsumsi kacang.

Di samping itu, banyak penelitian juga membuktikan bahwa pola makan yang banyak mengonsumsi vitamin C seperti buah jeruk, delima, dan buah golongan beri dapat membuat kulit tampak selalu awet muda. Begitu pula dengan makanan yang rendah lemak atau rendah karbohidrat.

kompas.com/ tiw

lowongan pekerjaan
garment, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Sapa Salah Seleh

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (17/11/2017). Esai ini karya Tito Setyo Budi, esais, sastrawan, dan budayawan yang tinggal di Sragen. Alamat e-mail penulis adalah titoesbudi@yahoo.com Solopos.com, SOLO–Ada pepatah tua dalam khazanah budaya Jawa, yaitu sapa salah seleh. Artinya,…