Rabu, 12 Mei 2010 19:51 WIB News Share :

Susno Duadji resmi menggugat Polri

Jakarta— Mantan Kabareskrim Komjen Pol Susno Duadji resmi memasukkan berkas gugatan Praperadilan ke panitera muda pengganti Pidana Umum Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan. Susno sebagai pemohon menggugat Polri dan Bareskrim.

“Hari ini tim kuasa hukum resmi mendaftarkan gugatan praperadilan atas nama Susno Duadji dengan alasan tidak sahnya penangkapan dan penahanan. Kami menggugat Kepolisian Republik Indonesia Cq Bareskrim,” ujar kuasa hukum Susno Duadji, Henry Yosodiningrat di PN Jakarta Selatan, Rabu (12/5).

Menurut Henry, alasan penahanan terhadap Susno tersebut tidak masuk akal karena berdasar atas kekhawatiran Susno akan melarikan diri dan mengulangi perbuatan. Alasan tersebut, menurut Henry tidaklah cukup.

“Seharusnya dalam waktu 1×24 jam yang disediakan itu penyidik segera melakukan pemeriksaan untuk menentukan Susno ditahan atau tidak. Ada syarat fundamental yang diatur dalam KUHAP untuk melakukan penahanan, yakni syarat menurut hukuman pidana 5 tahun atau lebih atau terdapat bukti yang cukup,” urainya.

Atas dasar tidak terpenuhinya bukti-bukti tersebut, maka penahanan Susno tidak sah sebagaimana mestinya. “Peraturan Kapolri itu bertentangan dengan KUHAP. Kita tidak boleh melupakan azas hukum untuk tidak boleh ditahan. Itu sudah prinsip dan berlaku universal,” tandasnya.

inilah/rif

lowongan pekerjaan
SOCIAL KITCHEN, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Karanganyar Makin Beradab

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (18/11/2017). Esai ini karya Imam Subkhan, Ketua RT 001/RW 019, Jaten, Karanganyar. Alamat e-mail penulis adalah imamsubkhan77@gmail.com.   Solopos.com, SOLO–Sepulang sekolah, anak mbarep saya, Nadhifa, yang sekarang duduk di kelas IV sekolah dasar di…