Rabu, 12 Mei 2010 17:18 WIB News Share :

Asnun bantah terima Rp 1 M dari Gayus

Jakarta–Kuasa hukum Muhtadi Asnun, Farhat Abbas, membantah bila kliennya mendapatkan uang Rp 1 miliar dari Gayus Tambunan. Menurutnya perkara uang Rp 1 miliar itu tak pernah terungkap dalam pemeriksaan.

“Tidak pernah ada, bisa saja mereka menduga dan itu berasal dari pengakuan Gayus, Pak Asnun tidak pernah menerima uang dari Gayus. Kalau Gayus pernah menyatakan ya kapan? Dimana dan kapan? Memang, upaya Gayus memberi itu (Rp 1 miliar) ada, tapi penawaran itu tidak berdasarkan janji dan kesepakatan,” ungkapnya di Mabes Polri, Rabu (12/5).

Menurutnya, hal itu sudah disampaikan Asnun dalam pemeriksaan. “Pak Asun sudah menyatakan dalam pemeriksaan sebagai saksi dan tersangka. Dia tidak pernah menerima dan menolak apa yang diberikan oleh Gayus. Jadi hasil keputusan itu murni di persidangan,” katanya.

Mengenai uang Rp 1 miliar itu, sambungnya, tidak pernah terungkap dalam pemeriksaan. Mengenai pernyataan Alamsyah yang mengatakan Asnun menerima uang tambahan Rp 50 juta, Farhat mengatakan itu hanya dugaan.

“Tidak, itu hanya dugaan. Ada komunikasi SMS, tapi bukan berarti secara langsung dia minta Rp 50 juta. Gayus kan menjanjikan lebih dari itu. Tapi dia sadar itu tidak benar. Selama ini tidak ada bukti dia menerima, kecuali putusan ini harusnya dihukum malah dibebaskan. Dalam dakwaan memang bebas, hukumannya sangat ringan sekali, percobaan, imbuhnya.

inilah/rif

Loading...

Kolom

GAGASAN
Karanganyar Makin Beradab

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (18/11/2017). Esai ini karya Imam Subkhan, Ketua RT 001/RW 019, Jaten, Karanganyar. Alamat e-mail penulis adalah imamsubkhan77@gmail.com.   Solopos.com, SOLO–Sepulang sekolah, anak mbarep saya, Nadhifa, yang sekarang duduk di kelas IV sekolah dasar di…