Selasa, 11 Mei 2010 19:19 WIB Tak Berkategori Share :

Timnas balap sepeda bidik emas di point race Asian Games 2010

Solo (Espos)–Tim balap sepeda Pelatnas menargetkan satu medali emas di nomor point race pada Asian Games 2010 yang bakal digelar di Guangzhou cina, November mendatang. Pada nomor point race tersebut, kontingen Merah-Putih bakal menurunkan satu pembalapnya yakni Santia Tri Kusuma yang pernah mengondol satu medali perunggu pada nomor point race di Asian Games 2002 yang diselenggarakan di Busan, Korea Selatan.

“Pertimbangannya pada Kejuaraan Balap Sepeda Asia 2009 di Kalimantan Timur lalu, Santia mampu menyabet medali emas di nomor omnium<I> yang membutuhkan daya tahan tubuh yang tinggi. Sehingga di Asia Games nanti kami lebih memfokuskan Santia untuk tampil di nomor point race,” ujar pelatih balap sepeda nomor track Pelatnas Asian Games 2010, Nur Rochman saat dijumpai Espos di lintasan balap sepeda velodroom Manahan, Solo, Selasa (11/5)

Untuk mewujudkan ambisinya ini, Santia tengah menjalani latihan secara insentif di lintasan velodroom Manahan Solo tiga kali seminggu selama dua bulan. Latihan ini dijalani dengan melakukan putaran di lintasan berjarak 333 meter sebanyak 80 kali. Materi ini diberikan untuk menajamkan kemampuan speed serta daya tahan (endurance) Santia saat tampil di nomor point race nanti.

Selain tampil di nomor point race Santia sendiri juga bakal turun di kelas sprint 200 dan 500 m. “Namun di nomor sprint saya tidak terlalu berharap karena pada nomor ini kebanyakan didominasi para pembalap dari Cina dan negara-negara pecahan Uni Sovyet seperti Uzbekistan. Jadi saya lebih memfokuskan di nomor point race saja karena lebih bersifat games dan membutuhkan endurance,” ujar Santia.

Tim balap sepeda Indonesia sendiri pada Asian Games 2010 nanti bakal diperkuat keenam pembalapnya yang tampil di tiga nomor berbeda yakni open road race, BMX dan track . Keenam pembalap tersebut yakni Tonto Suprapto dan Ryan Ariehaan Hilman (road race), Toni Sarifudin, Puguh Admandi dan Rissa Suseanty (BMX), dan Santia Tri Kusuma (track).

Keenam pembalap tersebut saat ini tengah menjalani pemusatan latihan untuk menghadapi di Yogyakarta. Sebelum tampil di Asian Games, para pembalap ini dijadwalkan menjalani serangakain laga uji coba baik di Asia maupun di Eropa. Mereka akan tampil terlebih dahulu pada ajang Kejuaraan Asia di Hokaido, 10 Juni mendatang.
“Uji coba selanjutnya kami akan tampil di Perth Australia dan Prancis, bulan Agustus nanti,” imbuh Nur Rocman.

m89

Loading...

Kolom

GAGASAN
Karanganyar Makin Beradab

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (18/11/2017). Esai ini karya Imam Subkhan, Ketua RT 001/RW 019, Jaten, Karanganyar. Alamat e-mail penulis adalah imamsubkhan77@gmail.com.   Solopos.com, SOLO–Sepulang sekolah, anak mbarep saya, Nadhifa, yang sekarang duduk di kelas IV sekolah dasar di…