Selasa, 11 Mei 2010 19:32 WIB News Share :

RI-Malaysia teken MoU soal TKI pekan depan

Jakarta--Pertemuan bilateral delegasi Indonesia dan Malaysia di Kuala Lumpur menghasilkan sejumlah kesepakatan. Salah satunya, mengenai proses penandatanganan MoU antara Indonesia-Malaysia terkait penempatan dan perlindungan TKI.

“Kedua delegasi antusias dan tampaknya hambatan teknis yang sebelumnya ada, sekarang sudah bisa diatasi. Saya sangat gembira dengan perkembangan ini,” ujar Menakertrans Muhaimin Iskandar dalam rilis yang diterima detikcom, Selasa (11/5).

MoU yang sudah lama direncanakan tersebut molor dari jadual semula. Sebelumnya ada 2 poin kesepahaman yang masih dirundingkan dan belum ada titik temu, yaitu biaya penempatan dan batasan upah TKI.

“Pada dasarnya, MoU ini lebih bersifat mengikat karena apa yang tertuang sesungguhnya sudah sebagian sudah terlaksana saat ini,” ujar mantan Wakil Ketua DPR RI ini.

Menurut Muhaimin, pertemuan bilateral tersebut membuahkan dua agenda pokok, yaitu penandatanganan MoU dijadwalkan bertepatan dengan kunjungan Presiden SBY ke Kuala Lumpur. Untuk itu, Muhaimin memerintahkan Plt Dirjen Binapenta A. Malik Harahap dan Direktur PTKLN Roos tetap tinggal di Kuala Lumpur guna melanjutkan pembicaraan teknis penandatanganan MoU tersebut.

Agenda kedua adalah memaksimalkan pertemuan joint committee melalui agenda pertemuan berkala yang lebih intensif, khususnya untuk penyelesaian kasus TKI dan penanggulangan TKI ilegal.

“Dua agenda itu menjadi titik tolak bagi proses baru penempatan dan perlindungan TKI di Malaysia,” tutur Muhaimin.

Selain dua agenda mengenai TKI, delegasi Indonesia lainnya juga mencapai kesepakatan di bidang evaluasi kerjasama bilateral selama ini dan illegal logging. Kesepakatan ini akan menjadi agenda pokok kunjungan Presiden SBY pekan depan.

dtc/tya

lowongan pekerjaan
garment, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Sapa Salah Seleh

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (17/11/2017). Esai ini karya Tito Setyo Budi, esais, sastrawan, dan budayawan yang tinggal di Sragen. Alamat e-mail penulis adalah titoesbudi@yahoo.com Solopos.com, SOLO–Ada pepatah tua dalam khazanah budaya Jawa, yaitu sapa salah seleh. Artinya,…