Selasa, 11 Mei 2010 20:58 WIB News Share :

Polri
Susno ditahan karena dikhawatirkan menyulitkan penyidikan

Jakarta–Komjen Pol Susno Duadji resmi ditahan Mabes Polri. Apa alasan Polri sehingga harus menahan mantan Kabareskrim tersebut?

“Kenapa harus ditahan? Karena penyidik khawatirkan jika tidak ditahan akan menyulitkan penyidikan,” ujar Kadivhumas Mabes Polri Irjen Pol Edward Aritonang di Mabes Polri, Jl Trunojoyo, Jaksel, Selasa (11/5).

Menurut Edward, penyidik memiliki alat bukti yang diyakini bisa menjerat Susno. Proses penahanan terhadap Susno dinilai telah sesuai dengan prosedur hukum yang berlaku.

“Dasar penahanan penyidik sudah miliki alat bukti yang cukup dan perbuatan yang dituduhkan pasal 5,7,11,12 UU Tipikor no 20 tahun 2001. Diancam lebih dari 5 tahun. Jadi persyaratan penahanan sudah dipenuhi,” jelasnya.

Dalam pemeriksaan hari ini, lanjut Edward, Susno sempat meminta agar BAP yang menyatakan dirinya terlibat dibacakan. Namun hal itu tidak bisa dipenuhi penyidik hingga berujung pada perdebatan.

“Karena tidak ada kesepakatan, tetap tidak mengizinkan untuk memberi BAP dibaca, maka Susno tidak bersedia diperiksa sebagai tersangka. Karena tidak bersedia, kemudian penyidik untuk meningkatkan status jadi tahanan dikeluarkan surat perintah penahanan,” imbuh jenderal bintang dua ini.

Susno resmi ditahan hari ini di Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok setelah sebelumnya ditangkap sejak Senin (11/5) kemarin. Pada pemeriksaan hari ini Susno juga menolak mendatangani BAP penahanan.


dtc/tya

Loading...

Kolom

GAGASAN
Karanganyar Makin Beradab

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (18/11/2017). Esai ini karya Imam Subkhan, Ketua RT 001/RW 019, Jaten, Karanganyar. Alamat e-mail penulis adalah imamsubkhan77@gmail.com.   Solopos.com, SOLO–Sepulang sekolah, anak mbarep saya, Nadhifa, yang sekarang duduk di kelas IV sekolah dasar di…