Selasa, 11 Mei 2010 15:36 WIB Internasional Share :

PM Inggris mundur dari Ketua Partai Buruh

Inggris— Perdana Menteri (PM) Inggris, Gordon Brown, mengumumkan akan segera mengundurkan diri dari posisi ketua Partai Buruh setelah partai berkuasa tersebut kalah dalam pemilihan umum pekan lalu.

“Sebagai pemimpin partai, saya harus menerima bahwa ini merupakan penghakiman bagi saya,” kata Brown seperti dikutip dari laman stasiun televisi CNN, Selasa (11/5).

Brown meminta Partai Buruh untuk memulai persiapan menyambut pemilihan ketua baru dan Brown memastikan dirinya tidak akan menjadi salah seorang kandidat. Pengunduran diri tersebut berarti secara efektif Brown sedang “merintis” pengunduran diri dari posisi PM.

Brown berharap pemimpin baru nanti sudah siap saat konferensi partai berlangsung yang menurut jadwal akan digelar September mendatang.

Tindakan Brown jelas merupakan cara untuk mempertahankan Partai Buruh agar tetap berkuasa setelah pemilihan umum pekan lalu tidak menghasilkan satu partai yang meraih suara mayoritas di parlemen.

Sementara itu, Partai Buruh sedang membuka perundingan formal dengan Partai Demokrat Liberal mengenai pembentukan pemerintahan. Brown juga menganggap koalisi Buruh-Demokrat Liberal masuk akal dan bisa saja terjadi.

vivanews/rif

lowongan pekerjaan
induktorindo, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Generasi Milenial dan Politik

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (14/11/2017). Esai ini karya Lukmono Suryo Nagoro, editor buku yang tinggal di Kota Solo. Alamat e-mail penulis adalah lukmono.sn@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Baru-baru ini lembaga think tank yang bermarkas di Tanah Abang, Jakarta, Centre for…