News
Selasa, 11 Mei 2010 - 15:36 WIB

PM Inggris mundur dari Ketua Partai Buruh

Redaksi Solopos.com  /  Arif Fajar Setiadi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Inggris— Perdana Menteri (PM) Inggris, Gordon Brown, mengumumkan akan segera mengundurkan diri dari posisi ketua Partai Buruh setelah partai berkuasa tersebut kalah dalam pemilihan umum pekan lalu.

“Sebagai pemimpin partai, saya harus menerima bahwa ini merupakan penghakiman bagi saya,” kata Brown seperti dikutip dari laman stasiun televisi CNN, Selasa (11/5).

Advertisement

Brown meminta Partai Buruh untuk memulai persiapan menyambut pemilihan ketua baru dan Brown memastikan dirinya tidak akan menjadi salah seorang kandidat. Pengunduran diri tersebut berarti secara efektif Brown sedang “merintis” pengunduran diri dari posisi PM.

Brown berharap pemimpin baru nanti sudah siap saat konferensi partai berlangsung yang menurut jadwal akan digelar September mendatang.

Tindakan Brown jelas merupakan cara untuk mempertahankan Partai Buruh agar tetap berkuasa setelah pemilihan umum pekan lalu tidak menghasilkan satu partai yang meraih suara mayoritas di parlemen.

Advertisement

Sementara itu, Partai Buruh sedang membuka perundingan formal dengan Partai Demokrat Liberal mengenai pembentukan pemerintahan. Brown juga menganggap koalisi Buruh-Demokrat Liberal masuk akal dan bisa saja terjadi.

vivanews/rif

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif