Selasa, 11 Mei 2010 12:37 WIB Internasional Share :

Menlu Thailand tegur Dubes AS atas intervensi politik

Bangkok–Duta Besar (Dubes) Amerika Serikat (AS) untuk Thailand ditegur oleh Menteri Luar Negeri (Menlu) Thailand, Kasit Piromya atas intervensi AS untuk urusan politik dalam negeri Thailand.

Dubes AS, Eric John dipanggil oleh Kasit setelah Wakil Menlu AS, Kurt Campbell mengadakan pertemuan dengan mantan anggota-anggota kabinet Thai Jaturon Chaisaeng, seorang pemimpin demonstran ‘kaus merah’ dan Noppadon Pattama, Mantan Menlu Thai yang merupakan penasihat hukum mantan Perdana Menteri Thailand, Thaksin Shinawatra.

Pertemuan yang dilakukan pada Minggu (2/5) lalu itu menimbulkan kemarahan pemerintah Thai. Kementerian Luar Negeri Thai menegaskan, kebuntuan politik saat ini antara pemerintah Thai dan demonstran ‘kaus merah’ merupakan urusan dalam negeri.

“Dan tidak memerlukan mediasi dari mitra-mitra asing,” demikian diberitakan media Thai, Bangkok Post mengutip sumber-sumber diplomatik seperti dilansir kantor berita AFP, Selasa (11/5).

Menurut Bangkok Post, pertemuan pejabat AS dan kubu pro-Thaksin itu dianggap sebagai dukungan bagi demonstran ‘kaus merah’.

Namun kedutaan AS menyatakan, pertemuan itu dimaksudkan untuk mendengarkan pandangan dari semua pihak terkait rencana PM Abhisit Vejjajiva. Wakil Sekjen Abhisit dan Pjs juru bicara pemerintah Thai, Panitan Wattanayagorn juga diundang ke pertemuan itu namun tidak hadir.

Menurut Bangkok Post, dalam pertemuan dengan Kasit, Dubes John menyampaikan pesan dari Campbell bahwa AS “ada di sini bukan untuk memediasi solusi atau memberikan dukungan untuk hasil tertentu, namun untuk menekankan dukungan AS bagi pemerintah Thailand dan bagi rakyat Thai dalam masa-masa menantang ini”.

dtc/ tiw

lowongan pekerjaan
Fila Djaya Plasindo, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Karanganyar Makin Beradab

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (18/11/2017). Esai ini karya Imam Subkhan, Ketua RT 001/RW 019, Jaten, Karanganyar. Alamat e-mail penulis adalah imamsubkhan77@gmail.com.   Solopos.com, SOLO–Sepulang sekolah, anak mbarep saya, Nadhifa, yang sekarang duduk di kelas IV sekolah dasar di…